Agenda Presiden di Sulawesi Tenggara, Serahkan Sertifikat Tanah hingga Bantuan Sosial

Forumterkininws.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mendapat upacara sambutan berupa pertunjukan tari Sajo Moane. Tidak hanya itu, Presiden juga memperoleh kain tenun khas Wakatobi saat tiba di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6).

Seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden (Setpres), Presiden Jokowi juga diberikan Kampuru yang merupakan penutup kepala khas Wakatobi

Jokowi berada di Wakatobi untuk melakukan kunjungan kerja. Salah satunya membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022. GTRA Summit 2022 merupakan pertemuan puncak dari rangkaian pembahasan lintas sektor sesuai Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, dengan tanggung jawab untuk menuntaskan hambatan pelaksanaan Program Strategis Nasional Reforma Agraria.

GTRA Summit 2022 secara khusus akan membahas persoalan pertumbuhan berkelanjutan dan pemberdayaan yang inklusif di Indonesia, terutama terkait pemanfaatan tanah.

Usai acara tersebut, Presiden dijadwalkan menuju Kampung Mola untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat. Rencananya, Jokowi akan mengendarai sepeda motor listrik menuju lokasi penyerahan sertifikat tanah tersebut.

Agenda berikutnya, Presiden akan ke Pasar Pagi untuk menyerahkan langsung bantuan sosial (bansos) kepada para penerima manfaat. Jokowi juga akan meresmikan pelabuhan dan kapal motor penumpang (KMP). Acara peresmian dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Wakatobi, Jokowi bersama Iriana akan melepaskan tukik di Patuno Resort. Pelepasan tukuk dilakukan bersama masyarakat sebelum bertolak ke Konawe Selatan untuk bersiap kembali ke Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Artikel Terkait