Anak Buah Johnny G Plate Diperiksa Penyidik Kejagung Terkait Korupsi BTS 4G

Forumterkininews.id, Jakarta – Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) telah memeriksa anak buah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Mereka diperiksa dalam kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Terkait penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo tahun 2020-2022.

Selain Sekjen, tim penyidik Jampidsus memeriksa Inspektur Jendral (Irjen)  Kemenkominfo, Doddy Setiyadi, dan Kepala Satuan Pemeriksa Intern BAKTI, Tri Haryanto.

Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan bahwa ketiga pejabat Kemenkominfo diperiksa sebagai saksi untuk tiga tersangka.

“Ketiga orang saksi diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tindak pidana pencucian uang dengan tindak pidana. Dalam penyediaan infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 s/d 2022. Atas nama Tersangka AAL, Tersangka GMS, dan Tersangka YS,” kata Ketut.

Sebelumnya, Kejagung juga tengah melakukan penyidikan kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait kasus korupsi.

Dalam kasus korupsi tersebut, Kejagung telah menetapkan 3 tersangka, yakni AAL selaku Direktur Utama BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika. GMS selaku Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, dan YS selaku Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020.

Sekedar informasi, kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI telah ditingkatkan statusnya. Dari penyelidikan ke penyidikan pada Rabu (2/11/2022).

Hal tersebut berdasarkan pengumpulan alat bukti dan pemeriksaan terhadap 60 orang saksi. Kemudian pada Jumat (28/10/2022), tim penyidik telah melakukan ekspos atau gelar perkara.

“Hasil ekspos, ditetapkan, diputuskan bahwa terdapat alat bukti permulaan yang cukup. Sehingga ditingkatkan ke penyidikan,” kata Dirdik Jampidsus, Kuntadi dalam konferensi pers, Rabu (2/11/2022).

BACA JUGA:   Bripda Ignatius Tewas Diduga Akibat Pembunuhan Berencana

Penyidikan yang dilakukan tim Jampidsus difokuskan terhadap proyek penyediaan BTS dan infrastruktur pendukung Paket 1, 2, 3, 4, dan 5 pada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Paket-paket tersebut terletak di wilayah terluar dan terpencil di Indonesia, yaitu Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Artikel Terkait