Anggota Polri Diminta Kedepankan Pencegahan Kejahatan

Forumterkininews.id, Jakarta – Kabaharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran meminta kepada seluruh anggota jajarannya untuk mengedepankan pencegahan kejahatan saat menjalankan tugas.

Hal ini diungkapkan dirinya saat menyampaikan amanat dalam acara Apel Launching Patroli Presisi Perintis Dit Samapta Polda Seluruh Indonesia, di Mapolda Metro Jaya, pada Rabu (14/6).

“Para peserta apel yang saya cintai dan saya banggakan. Prinsip kepolisian yang harus kita jalankan saat ini harus mengedepankan pencegahan kejahatan,” kata Fadil.

Lebih lanjut ia meminta anggotanya agar bukan hanya sekedar mengimbau, tetapi kiga melakukan tindakan yang dapat meminimalisir kejahatan di masyarakat.

“Pencegahan kejahatan aktif yang sering saya sampaikan dengan istilah preventives crime. Bukan hanya sekedar mengimbau tetapi juga melakukan tindakan kepolisian yang dapat meminimalisir faktor-faktor kriminogen yang ada di tengah masyarakat,” ucap Fadil.

Sementara itu pencegahan kejahatan ini juga sesuai dengan prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang meminta kehadiran anggotanya di tengah masyarakat untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas.

“Dengan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat dan langka aktif dan nyata di akar persoalan. Hal tersebut sesuai dengan range strategy, rencana kerja dan program prioritas Kapolri. Di mana garis besarnya adalah mengedepankan fungsi pencegahan kejahatan,” ujar Fadil.

Kemudian dalam kesempatan tersebut dirinya juga menambahkan kutipan aktivis dan juga penyair Afrika-Amerika kelahiran Missouri pada 1928.

“Menurut seorang aktivis dari Amerika Serikat, Maya Angelo yakni orang akan melupakan apa yang kamu katakan dan juga apa yang kamu perbuat. Tetapi orang tidak pernah melupakan ketika hatinya tersentuh, salah satunya dengan rasa aman,” tutur Fadil.

“Oleh karena itu, kita semua harus mencintai tugas ini. Karena tugas ini sangatlah mulia, yaitu memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Indonesia,” lanjut Fadil.

Artikel Terkait