Angkutan Barang di Empat Ruas Tol Akan Dibatasi Saat KTT ke-43 ASEAN

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal memberlakukan pembatasan angkutan barang di empat ruas tol. Pembatasan ini berlaku saat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta, 4 hingga 7 September 2023.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, pembatasan ini akan dimulai Selasa, 5 September 2023, pukul 00.00 WIB.

“Pengaturan pembatasan angkutan barang dimulai pada hari Selasa, 5 September 2023 Pukul 00.00 WIB sampai dengan Kamis, 7 September 2023 pukul 24.00 WIB,” kata Latif, dalam keterangannya, Jumat (25/8).

Lebih lanjut Latif mengungkapkan, adapun kendaraan pengangkut barang yang dapat pengecualian di antaranya pengangkut bahan bakar minyak (BBM) atau bahan bakar gas (BBG), ternak, hantaran pos dan uang, pangan pokok terdiri atas sembako, air minum dalam kemasan, dan pakan ternak.

Sejumlah ruas tol yang akan ada pembatasan angkutan barang, di antaranya;

1. Tol Cawang – Tomang – Pluit

2. Tol Tomang – Pluit

3. Tol Kembangan – Tomang

4. Tol Prof. Dr. Soedijatmo (Pluit-Kamal Muara)

Rangkaian Pertemuan di KTT

Dalam pemberitaan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin 12 pertemuan pada KTT ke-43 ASEAN yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada 5-7 September 2023 mendatang.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sidharto R Suryodipuro menjelaskan, rangkaian pertemuan itu yakni, KTT ke-43 ASEAN dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok. Lalu KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three. Selanjutnya, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

BACA JUGA:   Jalani Pemeriksaan di Komnas HAM, Timsus Polri Bawa Dokter Forensik

“Presiden juga akan memimpin kegiatan yang bersifat nonpersidangan,” ucap Sidharto.

Kegiatan itu antara lain pembukaan KTT-43 ASEAN, pembukaan ASEAN-Indo-Pacific Forum: Implementation of the AOIP. Ada pula gala dinner, social events pada 7 September. Selanjutnya upacara penutupan dan penyerahan keketuaan ASEAN kepada ketua berikutnya yaitu Republik Demokratik Rakyat Laos.

Sebanyak 27 pemimpin negara dan organisasi internasional akan hadir dalam KTT ke-43 ASEAN. Termasuk pemimpin negara peserta EAS, pemimpin Pacific Island Forum (PIF), pemimpin Indian Ocean Rim Association (IORA), serta Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Artikel Terkait