Anies Sebut dengan Bus Listrik Sustainable City Segera Terealisasi

Forumterkininews.id, Jakarta - PT Transjakarta mulai mengoperasikan 30 unit bus Listrik. Bus listrik berkapasitas 50 penumpang ini didatangkan dari Cina. Adapun produsen bus tersebut yakni Build Your Dream (BYD). Operasionalisasi bus listrik sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara. Dimana target pengurangan polusi di tahun 2030 mencapai 50 persen.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, operasionalisasi bus listrik merupakan salah satu upaya merealisasikan sustainable city. Dimana integrasi transportasi menjadi salah satu syaratnya. Lebih lanjut Anies mengatakan, dengan ketersediaan transportasi yang nyaman diharapkan warga ibu kota mau beralih menggunakan kendaraan umum.

“Salah satu komponen Sustainable City adalah transit oriented development (TOD). Dimana masyarakat bisa menjangkau seluruh wilayah dengan transportasi yang mumpuni,” ujar Anies.

Kemudian Anies mengatakan, selain untuk mengurai polusi udara, operasionalisasi bus transjakarta juga untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Jadi Mengapa kita mendorongnya kendaraan umum berbasis listrik, supaya bisa mengurangi polusi udara dan mengurangi jumlah kendaraan di jalan,” ujar Anies.

Lebih lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, setelah bus akartakarta, selanjutnya kendaraan dinas DKI Jakarta nantinya juga menggunakan kendaraan berbasis listrik. Tapi itu bertahap.

“Kami memprioritaskan kendaraan berbasis listrik daripada kendaraan pribadi berbasis listrik. Itulah sebabnya mengapa kami di Jakarta meluncurkan kendaraan umum berbasis listrik bukan kendaraan dinas berbasis listrik,” ujar Anies.

Terakhir Anies mengatakan, seluruh bus yang mulai dioperasikan sudah melalui uji kelayakan. Sehinga dapat dipastikan aman. Kemudian untuk wilayah operasi. tahap awal melayani empat rute.

Artikel Terkait