Anti Mainstream, Baznas Yogyakarta Bagikan Daging Kurban dalam Bentuk Abon

Forumterkininews.id, Yogyakarta – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta menyelenggarakan program pelayanan kurban via daring. Pemilihan kategori dan prosedur kesehatan hewan kurban via daring dipastikan aman. Daging kurban nantinya didistribusikan ke beberapa tempat bukan dalam bentuk daging segar. Melainkan dalam bentuk abon. Hal ini dikarenakan umumnya banyak calon penerima sudah mendapat pembagian daging kurban segar dari lembaga lain.

Program pelayanan kurban via daring juga tidak hanya dimanfaatkan warga Yogyakarta. Tetapi juga oleh warga luar daerah dan juga warga dari luar negeri.

Dilansir dari antaranews.com (7/7), Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta Syamsul Azhari di Yogyakarta mengatakan selain Yogyakarta, warga dari Magelang, Pati, Bengkulu, bahkan warga luar negeri dari Korea Selatan dan Berlin ikut memanfaatkan program ini.

Ia menegaskan, warga yang mengikuti program layanan kurban via daring Baznas dapat memilih kategori hewan kurban sesuai bobot badan hewan. Kemudian prosedur kesehatan mulai dari pembelian dan pemotongan hewan kurban hingga pendistribusian dipastikan aman.

Abon Lebih Awet

Seluruh hewan kurban yang disalurkan melalui Baznas Kota Yogyakarta akan disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan Yogyakarta. Nantinya didistribusikan ke panti asuhan, kampung binaan, dan difabel.

Namun, uniknya daging hewan kurban tidak akan dibagikan dalam bentuk segar, tetapi dalam bentuk abon. Hal ini dikarenakan daging akan mampu bertahan lama dan umumnya banyak calon penerima sudah mendapat pembagian daging kurban segar dari lembaga lain.

“Tahun lalu, kami pun mendistribusikan daging dalam bentuk olahan, yaitu sudah menjadi kornet dan abon. Tetapi untuk tahun ini hanya akan diolah menjadi abon, jika sudah diolah menjadi abon, maka daging akan mampu bertahan lebih lama,” ujar Syamsul.

BACA JUGA:   Kebijakan Baru Anies, Rumah di Bawah Rp2 Miliar Bebas Pajak

Menurut informasi yang disiarkan di laman resmi Baznas, biaya berkurban kambing atau domba dengan berat 27 sampai 29 kg dipatok Rp2,5 juta. Sementara kurban sapi dengan berat 300 sampai 350 kg biayanya Rp23 juta.

Masih ada kuota pendaftaran penyembelihan hewan kurban di RPH Giwangan Yogyakarta. Bagi warga yang tidak bisa menyelenggarakan penyembelihan hewan secara mandiri dapat memanfaatkan layanan RPH. Prosesnya dipastikan sesuai dengan prosedur kesehatan dan kesejahteraan hewan.

 

Artikel Terkait