AP II Kaji Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di Bandara

Teknologi

Jumat, 08 September 2023 | 00:00 WIB
AP II Kaji Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di Bandara

Forumterkininews.id, Jakarta - PT Angkasa Pura (AP) II mengeksplorasi dan mempertimbangkan pemanfaatan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk mendukung pelayanan bandara.

rb-1

Untuk mendukung hal tersebut, AP II meluncurkan program ‘Digital Collaboration: Sky Horizon 2023’ pada Kamis (7/9). Tujuannya untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi AI di aspek pelayanan, operasional dan komersial bandara.

Program dengan tema "Shared Vision and Collaborating to Create Artificial Intelligence Based Airport Ecosystem" itu mendorong kolaborasi AP II dengan berbagai pihak seperti komunitas, praktisi, korporasi dan perusahaan rintisan.

Baca Juga: Google Segera Luncurkan Fitur Baru untuk "Search" dan "Maps"

rb-3

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, Sky Horizon 2023 merupakan bagian dari program Digital Exploration (DX).

“Sky Horizon 2023 mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak, mengedepankan resources sharing untuk berbagi risiko dan manfaat, serta menyamakan visi AP II terkait penerapan AI di bandara,” kata Awaluddin dalam  keterangan resminya, Jumat.

Mengutip Antara, Sky Horizon 2023 terbagi menjadi beberapa fase kegiatan. Dimulai dari pendaftaran oleh peserta Kamis (7/9). Lalu berlanjut dengan kurasi, validasi, inkubasi, pengembangan/pembangunan solusi, hingga demo versi beta/alpha pada akhir November 2023.

Baca Juga: “Black Box”, Alat Perekam Kiamat akan Dibangun

Lebih lanjut, dia menilai, saat ini pemanfaatan AI di sektor kebandarudaraan nasional tidak bisa dihindari.

“AP II adalah operator bandara di Indonesia yang pertama kali masuk dalam diskusi pemanfaatan AI untuk transportasi udara khususnya kebandarudaraan. Pada tahap awal pemanfaatan AI di bandara ini, AP II mendorong kolaborasi dan resource sharing,” paparnya.

Tingkatkan Pelayanan Bandara

Dwi Ananda, EGM Bandara Soekarno-Hatta selaku Ketua Sub Tim DX PMO Transformasi Bandara Soekarno-Hatta, menyebut pemanfaatan AI dapat meningkatkan standar operasi. Kemudian fasilitas, pelayanan dan komersial di bandara.

“Sebagai contoh, pemanfaatan AI bisa meningkatkan lalu lintas penerbangan. Menjadikan alur penumpang pesawat di terminal bandara semakin efektif dan efisien,” ujar Dwi.

Pada aspek operasional, AI juga dapat meningkatkan optimalisasi penggunaan slot time (ketersediaan waktu terbang keberangkatan dan kedatangan) di Bandara Soekarno-Hatta. Slot time bandara terbesar di Indonesia ini mencapai 1.300 per hari.

Dwi menambahkan pemanfaatan AI juga membantu dalam meningkatkan pelayanan bagi penumpang pesawat.

Sementara itu, Presiden Kolaborasi Riset dan Inovasi Industri Kecerdasan Artifisial (KORIKA) Hammam Riza mendukung upaya AP II dalam memanfaatkan AI di bandara-bandara.

Menurut Hammam dalam mewujudkan pemanfaatan AI di bandara, tidak bisa hanya oleh operator bandara tetapi memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Tag Teknologi Penerbangan Bandara AP II AI

Terkini