Aplikasi KAI Access Error Hari Ini, Warganet Heran Maintenance Saat Siang Hari

Metropolitan

Rabu, 09 Juli 2025 | 15:16 WIB
Aplikasi KAI Access Error Hari Ini, Warganet Heran Maintenance Saat Siang Hari
Ilutrasi kereta api. [Dok KAI]

Aplikasi KAI Access error hari ini, Rabu 9 Juli 2025, publik mengeluhkan aplikasi sulit diakses.

rb-1

Keluhan ini tersebar di media sosial X, di mana pengguna melaporkan tidak bisa melihat barcode tiket untuk masuk stasiun atau bahkan tidak bisa mengakses aplikasi sama sekali.

"Min, ini dari pagi loh. Aku nungguin masih belum bisa juga sampe sekarang," kata warganet yang membanjiri kolom komentar akun media sosial KAI.

Baca Juga: Stasiun Gambir akan Stop Layani Perjalanan Kereta Jarak Jauh

rb-3

Warganet Ngeluh

Aplikasi KAI Access tidak bisa diakses. [Istimewa]Aplikasi KAI Access tidak bisa diakses. [Istimewa]

"Jadi gak bisa pesan di loket stasiun juga, ya? Yeuuu, mau pergi ini," sedih warganet.

Baca Juga: Cara Dapat Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api untuk Lansia

Ada juga warganet yang heran kenapa maintenance atau pemeliharaan sistem terjadi siang hari, saat banyak orang beraktivitas.

"Min biasanya maintenance nya malam min, ini kok tumben siang, kira kira sampai kapan min maintenance nya," heran warganet.

PT KAI melalui akun resminya @KAI121 di X, telah mengklarifikasi bahwa gangguan ini disebabkan adanya pemeliharaan sistem pada aplikasi Access by KAI dan sedang dalam pengecekan oleh unit terkait.

Gangguan ini tidak hanya berdampak pada aplikasi, tetapi juga memengaruhi pemesanan tiket melalui situs resmi booking.kai.id dan loket stasiun, sehingga menyebabkan pelanggan tidak bisa memesan tiket secara online maupun offline.

"Kami memohon maaf atas kendala yang terjadi saat ini, yang menyebabkan gangguan pada pemesanan tiket kereta api," ungkap PT KAI lewat unggahan di akun media sosial X @KAI121

"Kami berusaha semaksimal mungkin, agar kendala ini dapat segera terselesaikan. Terima kasih atas kesabaran dan kepercayaannya menjadi pelanggan setia Kereta Api Indonesia," sambungnya.

Sistem Sudah Normal

Ilustrasi kereta api. [Istimewa]Ilustrasi kereta api. [Istimewa]

Tak lama kemudian, Rabu sore sekitar pukul 15.00 WIB, KAI menyampaikan kalau sistem pemesanan sudah kembali normal.

"Saat ini, sistem pemesanan tiket telah kembali normal dan pelanggan sudah dapat mengakses layanan pemesanan tiket seperti biasa, melalui aplikasi Access by KAI, website: booking.kai.id, channel eksternal, serta loket di stasiun," ungkap KAI.

Tag KAI Error Kereta api Aplikasi KAI Access Maintenance

Terkini