Barang Tertinggal di KRL? Begini Cara Lapor dan Cepat Dapat Bantuan Petugas!
Baru-baru ini, kasus penumpang KRL, Anita Dewi, yang ketinggalan tas cooler bag berisi tumbler Tuku miliknya menjadi perbincangan hangat. Kejadian ini terjadi saat Anita turun di Stasiun Rawa Buntu.
Melalui akun Threads @anitadwdl, Anita menceritakan bahwa setelah melapor, petugas keamanan KAI berhasil menemukan tasnya dan sempat memotretnya.
Seluruh isi tas masih lengkap, termasuk tumbler Tuku warna biru yang diketahui bernilai Rp300 ribu.
Baca Juga: Ramai Kasus Tumbler Tuku Hilang, KAI Commuter Bantah Pecat Petugas
Namun, ketika Anita mengambil kembali tas tersebut keesokan harinya di Stasiun Rangkasbitung, ia kaget karena tumbler itu sudah hilang.
Kejadian ini pun viral dan sempat menyeret seorang petugas bernama Argi Budiansyah, yang disebut-sebut bertanggung jawab.
Baca Juga: Heboh Tumbler Tuku Hilang di KRL, Anita Dewi dan Suami Akhirnya Minta Maaf
Rumor pemecatan Argi sempat beredar, tapi KAI Commuter menegaskan bahwa tidak ada pemecatan terkait insiden tersebut.
Prosedur Barang Hilang di KRL
Meski kejadian seperti ini membuat panik, kabar baiknya, barang yang tertinggal atau hilang masih bisa ditemukan melalui prosedur resmi KAI Commuter.
Berikut tahapannya seperti dikutip dari Instagram resmi KAI Commuter @commuterline.
- Jika ada barang tertinggal ditemukan petugas atau pengguna lain, ada beberapa tahap penyerahan ke petugas Lost and Found agar barang bisa aman dikembalikan ke pemiliknya.
- Petugas Walka atau pengguna lain akan memberikan barang tertinggal kepada petugas Stasioner untuk diserahkan ke Lost and Found.
- Setelah petugas Stasioner stasiun mendapatkan barang akan diberikan kepada petugas Lost and Found untuk didata terlebih dahulu terkait posisi terakhir barangnya ditemukan.
- Petugas Lost and Found membuat laporannya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait pemilik barangnya agar bisa mengambil di Lost and Found atau stasiun terakhir setelah ditemukannya barang tersebut.
- Pengguna yang sudah membuat laporan tertinggal barang akan dihubungi kembali oleh petugas KAI Commuter untuk diinformasikan jika barang ditemukan dan menginformasikan lokasi pengambilan di Lost and Found.
Aturan Penyimpanan Barang Temuan
Setiap temuan barang dicatat dan disimpan oleh Lost and Found KAI untuk dikembalikan ke pemiliknya. [Instagram]
Untuk melapor, selain menghubungi petugas di stasiun, bisa juga melalui call center KAI Commuter di 021-(121) dan memberikan detail barang yang hilang agar dicocokkan dengan data barang temuan.
Untuk mengelola barang temuan, KAI Commuter menerapkan batas waktu penyimpanan sebagai berikut:
- Barang umum disimpan maksimal 1 minggu di stasiun sebelum dipindahkan ke pusat penyimpanan.
- Barang berupa makanan hanya disimpan 1 hari sebelum dimusnahkan.
- Barang lain yang tidak diambil dalam 1 bulan akan disumbangkan atau dimusnahkan.
Tips Agar Barang Aman di KRL
Pemilik barang yang sudah melapor akan dihubungi untuk diinformasikan lokasi pengambilan barang di Lost and Found atau stasiun terakhir. [Instagram]
Agar pengalaman naik KRL lebih aman dan bebas stres, berikut beberapa tips menjaga barang bawaan:
- Beri Penanda Khusus. Tambahkan stiker lucu, luggage tag, atau tanda unik pada tas dan barang bawaan agar mudah dikenali.
- Awasi Barang Bawaan. Selalu perhatikan tas, tumbler, atau barang berharga, terutama saat berhenti di stasiun atau menaruh di rak bagasi.
- Cek Lagi Sebelum Turun Stasiun. Sebelum turun, pastikan melakukan pengecekan barang secara teliti. Jangan terburu-buru agar tidak meninggalkan apa pun di kereta atau stasiun.
Dengan mengikuti prosedur dan tips ini, risiko kehilangan barang di KRL bisa diminimalkan, dan pengalaman perjalanan tetap nyaman.