Bakal Konser di Medan, Ini Profil Sheila On 7

FT News – Band asal Yogjakarta,  Shila On 7 akan menggelar konser di Lanud Soewondo Medan, pada 14 September 2024. Sebelumnya, band yang berformasikan Duta (vokal), Eros (gitar) dan Adam (bass) ini telah menjalani rangkaian tur mereka bertajuk “Tunggu Aku Di” ke beberapa kota di Indonesia, seperti Makassar, Samarinda, Pekanbaru dan Bandung.

Band berjuluk sejuta copy ini melepas debut album perdana berjudul “Sheila On 7” pada tahun 1999 dengan beberapa hits singelnya, yaitu “Dan”, “Kita”, “JAP” dan “Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki”.

Kesuksesan Sheila On 7 berlanjut di album kedua mereka bertitel ” Kisah Klasik Untuk Masa Depan” yang dirils pada 2001. Album ini juga mendapat respons positif dari para penikmat musik di Malaysia dan Singapura, dan menghasilkan beberapa hits singel diantaranya “Sahabat Sejati”, ” Shepia”, Bila Kau Tak Di Sampingku” dan “Kisah Klasik Untuk Masa Depan”. Album ini terjual lebih dari 1 juta copy.

Sheila On 7 kembali melanjutkan kesuksesannya di album ke-3 mereka bertajuk “07 Des” yang dirilis pada tahun 2002. Di album ini, musik Sheila On 7 semakin matang dengan eksplorasi sound dan lirik yang lebih dewasa, album ini sukses melahirkan hits singel diantaranya, “Seberapa Pantas”, “Pria Kesepia”, “Buat Aku Tersenyum” dan “Waktu Yang Tepat Tuk Berpisah”.

Sheila On 7
Sheila On 7 bakal menggelar konser di Medan. [Ist]
Pada tahun 2003 Sheila On 7 juga sempat merilis album OST 30 Hari Mencari Cinta. Namun di tahun 2004, mereka harus berpisah dengan Anton (drummer) dikarenakan perbedaan visi. Saat itu Brian masuk sebagai additional player mengisi posisi drummer yang ditinggalkan Anton.

Brian tampil bersama Sheila On 7 di berbagai tur untuk promo album “Pejantan Tangguh”. Album The Very Best of Sheila On 7 (2005) menjadi karir rekaman studio pertama Brian bersama Sheila On 7 sebagai additional player.

BACA JUGA:   Dua Bandar Sabu Diciduk Polres Pematang Siantar

Pada tahun 2006, Sheila On 7 juga harus berpisah dengan Sakti karena ia mengundurkan diri di tengah-tengah proses rekaman album “507”. Namun, pada saat proses rekaman album “507” itu pulalah Sheila On 7 akhirnya mengangkat Brian menjadi drummer tetap hingga tahun 2022.

Hubungan kerja dengan Brian akhirnya harus berakhir karena adanya akumulasi perbedaan yang terus mengerucut sampai pada saat terjadinya pandemi yang melanda, berujung pula pada ketidakjelasan kelanjutan masa depan Sheila on 7.

Sheila On 7
Sheila On 7 bakal menggelar konser di Medan. [Ist]
Setelah latihan pertama selesai, mereka memutuskan untuk menamakan band ini dengan nama “Sheilagank” dan menjadikan tanggal 6 Mei 1996 sebagai hari lahir mereka.

“Sheilagank” sempat malang melintang di pensi-pensi dan festival band SMA se-Jateng DIY selama kurang lebih 2 tahun, hingga pertengahan tahun 1998 mereka mendapatkan “kontrak rekaman” pertama dengan pihak label Sony Music Entertaintment Indonesia.

Mereka kemudian merubah nama band mereka menjadi “Sheila On 7”. Nama “Sheilagank” kemudian digunakan sebagai sebutan bagi pendengar setia karya-karya mereka. “Sheila” sebenarnya diambil dari nama teman SMA Eross yang juga adalah teman SD Adam dan Duta.

Alkisah, saat pertama Adam dan Eross berkenalan dulu, Adam memanggil Eross dengan panggilan “temannya Sheila ya ?!”, dan Eross pun menjawab “kamu temannya Sheila juga ya ?!”, sehingga nama tersebut seringkali disebut dalam perbincangan mereka. Sedangkan “On 7” maksudnya adalah “pada 7 nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si”. Sehingga nama “Sheila On 7” kira-kira artinya adalah teman-temannya “Sheila” yang memainkan 7 nada/ memainkan musik.

Artikel Terkait