Begini Cara Menghadapi Orang Egois di Sekitarmu!

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebagai makhluk kita berinteraksi dengan banyak orang. Setiap individu memiliki sifat dan pemikiran yang berbeda.

Kamu mungkin akan bertemu orang dengan pemikiran dan sifat yang berbeda-beda. Ada yang baik, ramah, dan pengertian. Ada pula orang-orang yang mementingkan diri sendiri, tidak cocok dengan kamu dan sebagainya.

Seseorang yang terus-menerus membuat segala sesuatu hanya tentang diri mereka sendiri atau tampak tidak terlalu peduli dengan orang lain merupakan salah satu tanda orang egois.

Ini biasa terjadi pada orang yang memiliki gangguan kepribadian narsistik dan menyulitkan mereka untuk menjaga hubungan yang sehat dengan orang lain.

Jika kamu berhubungan dengan orang yang egois, berikut adalah beberapa cara untuk menghadapinya.

Tetapkan batasan

Menetapkan batasan dengan seseorang yang egois dapat membantu kamu berinteraksi dengan cara sendiri. Ini juga dapat membantu kamu menghindari situasi di mana mereka menghabiskan energi atau memonopoli waktu kamu.

Bersikap realistis dengan ekspektasi

Meskipun beberapa orang dapat tumbuh menjadi lebih bijaksana dan sadar diri, penting pula bagi kamu untuk tidak menaruh ekspektasi mereka akan berubah agar tidak kecewa.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengeksplorasi bagaimana mereka dapat masuk ke dalam hidup kamu dengan cara yang lebih positif.

Kamu bisa menerima bahwa teman yang egois mungkin bukan orang terbaik untuk menghabiskan waktu yang lama dengan kamu. Cukup bertemu sesekali saja untuk bermain atau bertukar kabar. Pastikan untuk memperjelas hubungan kamu sehingga kamu tidak berharap dan bergantung pada mereka saat kamu mendapatkan kesulitan.

Cari cara untuk mengatasinya

Dalam beberapa kasus, kamu mungkin tidak dapat benar-benar lepas atau berpisah dengan orang egois, seperti anggota keluarga atau teman kerja yang kamu temui setiap hari. Mungkin kamu akan sedikit kesusahan untuk mengatasi situasi ini.

BACA JUGA:   Jalani Fit and Proper Test, Yudo Margono Tiba di DPR

Namun kamu tidak perlu khawatir, salah satu cara untuk mengatasi situasi ini adalah dengan mengingatkan diri sendiri untuk tidak terlalu memperdulikan apa yang mereka katakan atau lakukan.

Beritahu apa yang dirasakan

Ada kemungkinan orang yang egois benar-benar tidak menyadari bagaimana perilakuknya memengaruhi orang lain. Oleh karena itu penting untuk menyuarakan apa yang kamu rasakan agar tidak ada rasa benci.

Tinggalkan hubungan tersebut

Jika kamu telah mengungkapkan perasaanmu kepada orang tersebut tetapi dia tidak berusaha untuk mengubah perilakunya, akhiri dan tinggalkanlah hubungan tersebut. Kamu akan merasa sakit hati setelah menghabiskan waktu dengannya.

Memiliki hubungan jenis apa pun dengan seseorang seperti ini dapat membuat kamu merasa terkuras atau terluka secara emosional.

Jika kamu ingin menyelamatkan hubungan itu, pastikan untuk menetapkan batasan dan terbuka tentang perasaan kamu. Namun, jika perilaku egois tersebut berlanjut dan menjadi ekstrem lebih baik untuk meninggalkannya.

Artikel Terkait