Bina Marga Potong 2,2 Kilometer Kabel Optik Semrawut di Jaktim

Forumterkininews.id, Jakarta – Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur bersama Walikota Jakarta Timur tindak tegas dan potong Kabel Optik semrawut di Jalan Raden Inten II, Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim), Selasa (15/8). 

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar didampingi oleh Kepala Sudin Bina Marga Jaktim Benhard Hutajulu mengawasi langsung pemotongan kabel optik yang menjuntai tersebut. Langkah ini sebagai antisipasi kecelakaan seperti yang terjadi di Jalan Antasari beberapa waktu lalu. Bina marga menerjunkan 38 personel dalam operasi tersebut.

“Hari ini kita melakukan pemotongan utilitas kabel-kabel yang semrawut, yang berantakan. Kabel-kabel udara akan dipindahkan ke dalam tanah,” kata Anwar, mengutip Antara.

Ia menambahkan, tinggi kabel ini terkadang tidak sesuai dengan aturan yang ada. Sehingga kerap mengganggu kendaraan yang melintas. Kabel sepanjang 2,2 kilometer milik 17 provider berhasil Bina Marga potong. Penertiban ini akan rutin mereka lakukan.

Kepala Suku Dinas Bina Marga Jaktim Benhard Hutajulu menargetkan penertiban kabel semrawut ini akan rampung dalam satu minggu. Terutama pada kabel optik yang tingginya tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Ketinggian kabel tidak sesuai dengan aturan yang mencapai minimal 4,2 meter. Kabel yang ada, menjuntai sekitar 3 meter dan dapat mengganggu lalu lintas, sehingga kita potong,” ungkap Benhard.

Sebelumnya, Bina Marga telah menghubungi Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi sebagai pemberitahuan penertiban kabel optik semrawut ini.

Artikel Terkait