Bus-Bus TransJakarta Spesifikasi Khusus Ramah Disabilitas Didatangkan ke Solo

FTNews, Solo— Demi kelancaran penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo Raya yang akan digelar 6-13 Oktober 2024, TransJakarta mengirim armadanya ke Solo.

Kepala Departemen Operasional Transjakarta, Muhammad Hartono, 10 unit bus Transjakarta yang disediakan ini memiliki spesifikasi khusus sehingga ramah disabilitas. Pihaknya juga menerjunkan 34 personel untuk operasional armada selama Peparnas XVII berlangsung.

“Sebelumnya kami juga dipercaya pada Asian Games dan Asian Para Games. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Hari ini, kami mengerahkan sepuluh unit lower entry yang secara khusus ramah penyandang disabilitas,” kata Hartono, dilansir laman resmi Peparnas XVII.

Prioritas Keamanan dan Keselamatan

Pihak panitia menyebut, aspek keamanan dan keselamatan mendapat perhatian khusus dalam penyediaan angkutan bagi atlet dan ofisial selama Peparnas XVII Solo 2024 ini. Seluruh armada yang akan digunakan dalam mengangkut penumpang harus dipastikan memenuhi Standar Laik Fungsi Jalan.

Kadiv Wasdal Kantor Terminal Tipe A Tirtonadi, Sunardi, menegaskan pentingnya pengecekan ini. Alat transportasi tersebut harus memenuhi persyaratan laik keselamatan. Pihaknya juga melakukan pengecekan kendaraan atau Ram Check.

“Jadi, semua unit yang akan digunakan untuk pelayanan transportasi Peparnas XVII semuanya harus seusai laik keselamatan ataupun ram check-nya lolos.Di sini juga ada pendukung yang berasal dari Trans Jakarta. Armada ini juga akan mendukung kegiatan Peparnas XVII,” ujar Sunardi

Dari hasil pengecekan tersebut, Sunardi memastikan bahwa seluruh armada yang akan digunakan sebagai angkutan ini telah dinyatakan layak sebagai alat transportasi, khususnya bagi penyandang disabilitas pada Peparnas XVII ini.

“Bus-bus umum yang disewa atau dipakai untuk angkutan Peparnas XVII ini, semuanya kami lakukan Ram Check. Semua harus layak dan harus sesuai. Jadi, kami mengedepankan sistem keselamatan yang lebih bagus. Ini untuk menjaga keamanan atlet-atlet ini,” ucapnya.***

Artikel Terkait

Presiden Jokowi akan Buka Peparnas XVII Solo, Kepolisian Bagi 3 Ring Pengamanan

FTNews, Surakarta--- Polresta Surakarta, Polda Jateng, menerapkan pengamanan ekstra...

Para Peserta Peparnas Puji Persiapan Tuan Rumah, Venue-Venue Sesuai Standar

FTNews, Solo--- Sejumlah atlet paralimpiade melakukan latihan di salah...

Beraksi di Konser Musik NDX AKA, 5 Anggota Sindikat Copet Lintas Provinsi Ditangkap

FTNews, Sragen--- Sindikat copet lintas provinsi yang beraksi saat...

Kontingen 35 Daerah Berpartisipasi pada Peparnas XVII Solo Raya

FTNews, Solo--- Sebanyak 4.386 atlet dan ofisial telah tiba...

Luar Biasa! Tiket Pembukaan Peparnas XVII Solo Raya 2024 Ludes!

FTNews, Solo--- Tiket opening ceremony Pekan Olahraga Paralimpiade Nasional...