Catat! Ini Pengalihan Arus Lalin di Jakarta Saat Gelar KTT ke-43 ASEAN Besok

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bakal melakukan rekayasa lalu lintas saat digelarnya KTT ke-43 ASEAN di sejumlah wilayah Jakarta, pada Rabu (6/9) besok.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas menjadi 3 sektor mulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

Sementara itu pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas pada sore hari mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

“Pergerakan tamu yang akan menuju JCC dari venue. Kita ada 3 sektor, sektor Senayan, sektor Bundaran HI, dan sektor dari pada Kuningan. Yaitu nanti jalan Rasuna Said. Pada pagi hari nanti sambil menunggu perjalanan nanti kita akan mengalihkan beberapa arus lalu lintas,” kata Latif, kepada wartawan, pada Selasa (5/9).

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman dan sterilisasi jalur mulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

“Jalur Sudirman betul-betul untuk sementara prioritas untuk tamu negara. Begitu juga yang ada di Bundaran Senayan. Orang yang dari Antasari akan kita belokkan ke kiri untuk masuk lewat Pakubowono. Pakubuwono sampai masuk ke Permata Hijau. Permata Hijau lurus lewat Slipi maupun lewat Tomang silakan untuk sampai pusat kota,” paparnya.

Selain itu Latif mengungkapkan bahwa Jalan HR Rasuna Said juga akan dilakukan sterilisasi baik dari aeah Mampang Prapatan maupun sebaliknya.

“Untuk di Kuningan, tidak ada yang boleh masuk ke Rasuna Said, karena ada tamu negara yang akan melewati jalan tersebut. Sehingga yang sudah masuk lewat dari Pancoran ke Kuningan akan kita belokkan ke kiri,” ucap Latif.

BACA JUGA:   Serang Ojol di Rumah Makan Jakpus, Dua Pemuda Ditetapkan Jadi Tersangka

Kemudian nantinya kendaraan yang melintas dari Tendean dan akan melewati underpass (terowongan) akan dialihkan ke arah kanan maupun kiri.

“Jadi diharapkan untuk tidak sampai dengan Semanggi. Karena semuanya harus muter, yang memang agak jauh sedikit,” tukas Latif.

Selanjutnya juga terdapat jalur lain yang akan disterilkan untuk tamu atau delegasi negara yaitu sepanjang Jalan Gatot Subroto mulai dari persimpangan (Traffic Light) Kuningan hingga persimpangan Slipi.

Kemudian untuk kendaraan roda empat dari arah Cawang yang menuju arah Slipi akan diarahkan untuk masuk Jalan Tol. Sementara untuk kendaraan roda dua akan diarahkan belok ke kiri arah Mampang.

“Sehingga arah arus yang dari Timur, Cawang, dari Bekasi, untuk Kendaraan roda empat akan kita masukkan lewat Tebet 1 untuk masuk tol agar tidak masuk ke Kuningan,” ucap Latif.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang melintas dari arah Pasar Minggu menuju Jalan Gatot Subroto akan diluruskan menuju Tebet.

“Begitu juga yang dari seputaran GBK yang dari Fairmont, Pasific Place, dari Langham. Sehingga Jalur Bandung Bandung (Jalan Sudirman Thamrin), Jalur Sudirman, Jalur Gatot Subroto, Jalur Rasuna Said, ini  akan kita prioritaskan untuk tamu negara,” beber Latif.

 

Caption Foto: Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman (Foto: istimewa)

Artikel Terkait