Cegah Flu Burung, Ketua MPR Dorong Pemberian Vaksin

Forumterkininews.id, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong rencana pemberian vaksin flu burung terhadap unggas. Hal ini untuk mencegah berkembangnya flu burung menjadi pandemi baru.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, mengungkapkan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (22/5).

“Yaitu dengan menugaskan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama para pakar untuk dapat secara bersama merespon saran. Atau masukkan dari WOAH terkait pemberian vaksin flu burung tersebut,” ujarnya.

Bamsoet berharap akan ada keputusan serta kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah RI dalam menanggapi dukungan pemberian vaksin flu burung pada unggas.

Lebih lanjut, Bamsoet meminta kepada pemerintah, melalui kelembagaan terkait, untuk menginstruksikan para pemangku kepentingan agar terus memantau perkembangan dan penyebaran flu burung di Indonesia.

“Mengingat strain H5N1 saat ini telah terdeteksi di sejumlah besar mamalia dan membunuh ribuan di antaranya. Termasuk singa laut, rubah, berang-berang, dan kucing,” kata Bamsoet.

Oleh karena itu, dia mendorong agar rencana pemberian vaksin flu burung terhadap unggas yang disarankan oleh WOAH dapat didukung oleh negara-negara lainnya.

Bamsoet berharap agar negara-negara lain dapat peduli dan turut bergabung dalam upaya pengendalian penyakit flu burung.

“Juga sebagai upaya dalam mencegah berkembangnya flu burung menjadi pandemi baru,” sambungnya.

Artikel Terkait