ChatGPT Bisa Bantu Bikin Skripsi, Ini Caranya

FTNews – Kemajuan teknologi artificial intelligence (AI) banyak membantu pekerjaan manusia, salah satunya membantu mengerjakan penelitian. Ternyata chatbot ChatGPT bisa bantu bikin skripsi dengan perintah yang tepat.

ChatGPT sendiri memiliki beberapa model, yaitu GPT-3.5, GPT-4 dan GPT-4o. Adapun GPT-4 hanya untuk pelanggan berbayar, GPT-4o tersedia untuk pelanggan gratis dan berbayar. Hanya GPT-3.5 yang dapat diakses secara gratis.

GPT-4o gratis dapat menyediakan kutipan dasar dan penting. Utamanya, pada referensi yang cepat dan ringkas untuk memastikan informasi dapat dilacak.

ChatGPT Bisa Bantu bikin Skripsi
Foto: ZDNET

 

Sementara, GPT-4o dalam mode berbayar menawarkan kutipan yang disempurnakan dan terperinci. Termasuk berbagai sumber untuk memberikan verifikasi dan pemahaman informasi yang komprehensif. Ini lah yang membuat ChatGPT bisa bantu bikin skripsi.

Cara membuat ChatGPT menyediakan sumber dan kutipan

Meski demikian, perlu diingat bahwa ChatGPT tidak dapat memberikan informasi apapun setelah Januari 2022 untuk GPT-3.5. Sementara, GPT-4 tidak dapat memberikan informasi setelah April 2023, dan Oktober 2023 untuk GPT-4o.

Misalnya, kamu ingin membahas teori belajar kognitivisme, behaviorisme, dan konstruktivisme. Setelahnya, chatbot akan memberikan teori seputar topik ini. Untuk meminta ChatGPT memberikan sumber, kamu perlu memberikan perintah “Tolong berikan sumber untuk jawaban sebelumnya”.

ChatGPT Bisa Bantu bikin Skripsi
Foto: ZDNET

Permintaan ini  menyediakan sumber-sumber offline, buku-buku, makalah, dll. Namun, sumber-sumber offline adalah kamu tidak dapat memeriksa kebenarannya. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan perintah Harap berikan sumber URL”. ChatGPT bisa bantu bikin skripsi dengan mudah.

Perintah ini secara khusus memberi tahu ChatGPT bahwa kamu menginginkan tautan yang dapat diklik ke sumber. Kamu juga dapat mengubah perintah ini dengan meminta jumlah sumber tertentu, meskipun hasilnya mungkin berbeda-beda dalam hal jumlah yang Anda dapatkan: “Tolong berikan 10 sumber URL”.

BACA JUGA:   Ingin Bersaing di Bidang AI, Meta Pamerkan AI Terbarunya

Selain itu, kamu juga dapat meminta ChatGPT memberikan sumber rujukan lima tahun terakhir dengan perintah: “Harap berikan sumber yang diterbitkan dari tahun 2019 hingga April 2023”.

Jangan berasumsi bahwa output apa pun yang diberikan ChatGPT akurat dan ChatGPT bisa bantu bikin skripsi secara keseluruhan. Masih sangat mungkin AI akan sepenuhnya memalsukan jawaban, bahkan sampai mengarang nama-nama jurnal akademis.

Artikel Terkait