Debat Cawapres: Duel Gibran vs Mahfud Paling Ditunggu

FTNews, Jakarta- Debat perdana cawapres 2024 bakal berlangsung Jumat, (22/12). Tiga kandidat yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan saling unjuk gigi beradu visi misi demi menggaet suara tertinggi.

Jika sebelumnya debat perdana capres berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, debat perdana cawapres  bakal berlangsung di lokasi berbeda. Namun, hingga kini KPU sendiri belum memberikan pernyataan resmi mengenai lokasi debat cawapres.

Mengambil tema Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan, debat kali ini juga banyak menarik perhatian.

Bukan cuma soal temanya, tapi penampilan para kandidat juga membuat masyarakat sangat antusias menantikan debat ketiganya.

Selain itu, ,masing-masing kandidat agaknya unggul di tema debat tertentu. Ini mengacu pada sepak terjang mereka selama memegang jabatan di pemerintahan.

Gibran vs Mahfud Paling Ditunggu

Dari ketiga kandidat, rupanya sejumlah masyarakat paling menantikan penampilan debat cawapres no urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan no urut 3 Mahfud MD.

Selain rentang usia keduanya yang terpaut jauh, sepak terjang keduanya dalam mengarungi dunia perpolitikan tanah air juga berbeda.

Bagi Dyo,(24), secara pribadi dia tak sabar menantikan debat Gibran vs Mahfud. Menurutnya, keseruan debat nanti akan ada di dua kandidat tersebut.

Salah satu media kampanye, Spanduk Baner. (Foto: FTNews/Eriel Wira Natha)

“Paling nggak sabar liat Mas Gibran sama Pak Mahfud. Kayanya itu yang nanti bakal menarik di debat sih. Maksudnya gimana nanti mereka saling lempar argumen gitu,”kata Dyo kepada FTNews, Senin (18/12), di sekitar kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Marketing di salah satu perusahaan swasta di Jakarta ini berpendapat, Cak Imin justru akan menjadi pendengar debat Gibran vs Mahfud. Katanya, ini karena sosok Cak Imin tak terlalu menarik perhatian publik.

BACA JUGA:   Ayah Brigadir J: Tudingan ke Anak Saya jadi Pukulan Buat Keluarga Besar Hutabarat

“Mungkin kalo Cak Imin bakal jadi pendengar gitu ya, maksudnya perdebatan lebih banyak antara no 2 dan 3. Soalnya mereka berdua lebih banyak diomongin di sosmed sih kalau saya lihat, “ungkapnya.

Sama dengan Dyo, Lusi (36), seorang pedagang makanan ringan di dekat Cikini juga mengaku sangat menunggu berlangsungnya debat cawapres.

“Mau nonton Pak Mahfud sama itu anaknya Pak Jokowi (Gibran) debat. Soalnya kan lagi rame ya di mana-mana. Satu usianya lebih tua satu lebih muda. Ya mau nonton sih pasti seru,”,ujarnya.

Salah satu media kampanye, Reklame. (Foto: FTNews/Eriel Wira Natha)

Selain menjadi 2 kandidat yang paling ramai dibicarakan, Lusi mengatakan baik Gibran dan Mahfud juga dianggap lebih dikenal warga.

“Kalo Mas Gibran iya tahu. Walikota juga kan dia. Pak Mahfud juga sering lihat dia di tv rapat sama DPR. Kalau nomor satu saya cuma tahunya orang PKB,”ujarnya.

Namun demikian, baik Dyo maupun Lusi mengaku tetap ingin menonton ketiganya berdebat walau Gibran dan Mahfud adalah kandidat paling ditunggu.

Sebagai informasi, debat perdana cawapres ini merupakan debat kedua dari rangkaian 5 kali debat capres-cawapres yang diselenggarakan KPU.

Artikel Terkait