Deretan Makanan Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

FTNews – Olahraga menjadi cara untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung. Meski demikian, aktivitas fisik tidaklah cukup. Ahli gizi asal Inggris membagikan tips makanan yang cocok untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Jantung merupakan salah satu organ vital tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Karena fungsinya yang amat penting, sudah seharusnya kita menjaga kesehatan jantung.

Bagi kamu yang menderita penyakit jantung atau ingin mencegahnya, ternyata olahraga tidaklah cukup. Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol, gula, terlalu asin, memiliki kadar lemak yang tinggi tidak dianjurkan. Sebaliknya, pilih makanan yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kacang Kenari. Foto: Freepik

Kacang Kenari

“Gantilah sebagian daging dalam pola makan Anda dengan protein nabati, dan yang saya maksud bukan hanya kacang-kacangan, tapi bahkan kacang-kacangan juga. Kacang kenari khususnya memiliki kemampuan untuk mengambil tekstur, warna, dan konsistensi daging giling,” ujar Charlotte Martin dikutip The Mirror.

Selain itu, kacang kenari mengandung omega-3 yang tinggi, sehingga mampu menurunkan kadar kolsterol jahat dalam darah. Kacang kenari juga mengandung kalium dan magnesium yang berfungsi meningkatkan kesehatan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Apel dan Berries

Dua buah ini kaya akan manfaat. Apel memiliki serat dan antioksidan yang tinggi. Dalam kulit apel mengandung pektin, yaitu serat larut air yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Stroberi, bluberi, atau raspberry, memainkan peran penting dalam kesehatan jantung. Jurnal Dietary Strawberries Improve Cardiometabolic Risks in Adults with Obesity and Elevated Serum LDL Cholesterol in a Randomized Controlled Crossover Trial mencatat, mengonsumsi 2.5 porsi stroberi dalam jangka waktu 4 minggu dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung.

Yogurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang bergizi yang memiliki berbagai manfaat. Penelitian yang dilakukan Boston University dan Harvard Medical School memeriksa catatan kesehatan ebih dari 55.000 wanita dengan tekanan darah tinggi antara usia 30 dan 55 dan 18.000 pria antara usia 40 dan 55.

BACA JUGA:   Bahaya Kafein Pada Remaja Sulit Dihindari, Batasi Konsumsinya

Penelitian menunjukkan, pria yang mengonsumsi yoghurt dua kali seminggu atau lebih menurunkan risiko kemungkinan serangan jantung hingga 19 persen. sementara, wanita 30 persen lebih kecil kemungkinan mengalami keadaan darurat jantung.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Foto: Pexels

Alpukat

Alpukat juga menjadi buah yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Buah ini mengandung lipofilik, yakni senyawa yang dapat larut dalam lemak, seperti polifenol, pitosterol, karotenoid, squalene, vitamin E, dan asam lemak tak jenuh tunggal.

Lipofilik juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah penumpukan plak yang menyebabkan sakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Foto: Pexels

Anggur

Kulit anggur mengandung polifenol yang mampu melindungi endotelium (lapisan pembuluh darah). Anggur juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi trombosit, serta mencegah pembentukan plak.

Kandungan kalium dalam anggur membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Hal ini yang menjadikan anggur dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Artikel Terkait