Dikuasai Produk Lokal, Penjualan Mobil Suzuki Tumbuh 11% di Mei 2025

Otomotif

Senin, 16 Juni 2025 | 00:17 WIB
Dikuasai Produk Lokal, Penjualan Mobil Suzuki Tumbuh 11% di Mei 2025
Suzuki Carry. (SIS)

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melaporkan bahwa 81% dari total penjualan didominasi oleh mobil rakitan dalam negeri, seperti New Carry, New XL7, All New Ertiga, dan APV di sepanjang Mei 2025.

rb-1

“Dominasi 81% mobil rakitan lokal dalam penjualan Mei 2025 bukan hanya indikator keberhasilan pasar, tetapi juga wujud kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan kerja keras ribuan tenaga kerja lokal serta ratusan perusahaan dalam rantai pasok kami,” ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS dalam pernyataannya kepada FTNews.co.id, Minggu (15/6/2025).

New Carry Jadi Tulang Punggung

Baca Juga: Suzuki Recall GIXXER 250SF: 174 Unit Diminta Periksa Komponen Rem Belakang

rb-3

Suzuki APV. (SIS)

Secara total, penjualan ritel Suzuki tumbuh 11% dibandingkan April 2025. Kontributor terbesar tetap datang dari New Carry, disusul New XL7 dan All New Ertiga yang konsisten di segmen mobil penumpang.

Baca Juga: Penjualan Suzuki di RI Masuk 3 Besar, Fronx Hybrid Sumbang 89 Persen

Ketiganya dikenal akan konsumsi bahan bakar yang efisien, daya tahan tinggi, dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan konsumen lokal, mulai dari pelaku UMKM hingga keluarga muda di perkotaan dan pinggiran.

Tak hanya berjaya di pasar dalam negeri, keempat model andalan tersebut juga tampil di pasar global. Mobil buatan pabrik Suzuki Indonesia telah diekspor ke lebih dari 70 negara, termasuk Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin, menjadikan Indonesia sebagai pusat penting dalam strategi ekspansi global Suzuki.

302 Dealer

Suzuki XL7. (SIS)

Dalam memperkuat ekosistem otomotif, Suzuki juga terus mengembangkan layanan purnajual melalui 302 dealer dan 217 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Keberadaan jaringan ini tidak hanya berperan sebagai layanan servis, tapi juga sebagai penggerak ekonomi daerah lewat penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan sumber daya lokal.

“Penjualan kami banyak dipengaruhi oleh kebutuhan para pelaku usaha akan kendaraan operasional yang kuat, hemat BBM, dan fleksibel. Hal ini terlihat dari kontribusi New Carry yang mencapai 55% dari seluruh penjualan kami,” pungkas Randy.

Tag suzuki suzuki carry suzuki apv

Terkini