Dukung Pilgubsu 2024, KPU Sumut Targetkan Partisipasi Pemilih 80 Persen

FTNews – Ketua Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) Agus Arifin mengajak para awak media mendukung pelaksanaan Pilkada serentak. Tujuannya, pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) 2024 berjalan sukses. Di samping, partisipasi pemilih meningkat.

Peran media massa sangat penting dalam mempublikasikan tahapan-tahapan Pilkada  November 2024. Ketua KPU Sumut, Agus Arifin mengatakan hal itu pada diskusi di JW Marriot, Jl Putri Hijau 10, Medan, Selasa (25/06).

Dalam diskusi, hadir Ketua KPU Sumut, Agus Arifin. Turut mendampingi antara lain El Suhaimi, Sitori Mendrofa, dan Kabag Teknis KPU Sumut, Maruli Pasaribu serta Kabag TPP dan jajaran sekretariat. Dari unsur media, hadir Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, serta para wartawan media cetak, elektronik, dan online.

Dalam diskusi itu, Ketua KPU Sumut mengatakan, “Media memiliki peran strategis dalam memberikan informasi yang akurat dan mendidik masyarakat mengenai proses pemilihan. Kami berharap melalui diskusi ini, kita dapat meningkatkan partisipasi pemilih dan memastikan proses pemilihan berjalan dengan transparan dan demokratis.”

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik di acara diskusi KPU Sumut dan Media. (Foto. Mons)

Tolak Berita Hoax

Agus Arifin meminta media dapat memberikan berita yang mengedukasi terkait tahapan-tahapan pemilihan. “Berikan informasi yang sejuk, benar dan lurus. Bangun opini yang seimbang terkait dinamika serta sosialisasi tahapan pemilihan Gubsu dan Wagubsu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, serta Bupati dan Wakil Bupati di 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara,” jelas Agus.

Tidak itu saja, Agus Arifin juga menargetkan partisipasi pemilih untuk pilkada 2024 ini mencapai 80 persen. Ia mengakui, partisipasi pemilih pada Pilgubsu 2018 lalu hanya 63,1%. Namun tahun ini optimis partisipasi akan naik 17 % hingga mencapai 80%. Selain itu, Agus juga mengajak peran media dengan mencerdaskan pemilih dan menolak pemberitaan hoax serta ujaran kebencian.

BACA JUGA:   Bobby Nasution-Surya akan Daftar Pilgub Rabu Besok, Ini Kata KPU Sumut

KPU Sumut akan menyediakan ruang Media Center, guna mempermudah awak media dalam proses pembuatan karya jurnalistik terkait tahapan Pilgubsu hingga puncak pelaksanaannya.

Etika Jurnalistik

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, menyampaikan kerjasama antara KPU dan media sangat penting untuk memberikan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat. “Rekan-rekan wartawan yang hadir hari ini saya yakini dapat bekerja sesuai etika jurnalistik dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” ungkap Farianda.

Kepada Ketua KPU ia berharap dapat membantu media dan para wartawan serta memberikan manfaat atas kerja jurnalistiknya dalam mensukseskan Pilgubsu mendatang. “Beri perhatian kepada media dan para wartawan yang hadir di sini”, jelas Farianda.

Peserta diskusi aktif berbagi pandangan dan pengalaman. Harapannya, memperkuat sinergi antara KPU Sumut dan media.

Dengan diskusi itu, KPU Sumatera Utara berharap dapat membangun kerjasama yang lebih erat, sehingga proses Pilkada 2024 dapat berjalan dengan baik, transparan, dan mendapatkan partisipasi yang tinggi dari masyarakat. Diskusi juga menjadi langkah awal menuju penyelenggaraan pemilihan yang lebih baik dan demokratis di Sumatera Utara.

Acara berakhir setelah penandatanganan kesepakatan bersama untuk terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik antara KPU dan media, guna menyukseskan Pilkada 2024 di Sumatera Utara. (Mons)

Artikel Terkait