Fanny Soegi: Pencipta Lagu Asmalibrasi Sampai Minjem Uang Buat Bayar Sekolah Anak

FT News – Penyanyi Fanny Soegi lewat akun X miliknya bersuara lantang terkait hak royalti lagu Asmalibrasi. Fanny mengungkap bahwa pencipta lagu yang begitu populer itu tidak mendapak hak royalti sepantasnya.

Fanny dalam cuitannya mengatakan bahwa pencipta lagu Asmalibrasi sampai harus meminjam uang untuk membiayai anak sekolah.

“Bayangin aja, lagu Asma ini yang kalian denger di mana2, penciptanya sampai minjem uang untuk bayar sekolah anaknya,” ungkap Fanny seperti dikutip FT News, Senin (9/9).

Ditegaskan oleh Fanny bahwa hak royalti lagu tersebut tidak main-main. Nilanya kata Fanny bisa mencapai 500 juta lebih.

Namun hak royalti itu kata Fanny justru dinikmati oleh orang-orang yang tak sepentasnya menikmati.

“Nominal dari royalti lagu ini nggak main2, setengah Milyar lebih ada, tapi justru orang2 yang nggak punya hak dapat paling banyak & nggak transparan,” lanjut Fanny.

Penyanyi Fanny Soegi lewat akun X miliknya bersuara lantang terkait hak royalti lagu Asmalibrasi. [Instagram Fanny Soegi]

Keluhan dari Fanny ini langsung mendapat respon dari mantan bandnya, Soegi Bornean. Di akun Instagram miliknya mereka, band Soegi mengklaim telah menyalurkan royalti sesuai kesepaktan.

“Menanggapi perbincangan yang tengah ramai di media sosial mengenai Soegi Bornean, kami ingin meluruskan tuduhan yang dilayangkan oleh Fanny Soegi melalui akun Twitter/X miliknya. Ada hal yang menurut kami kurang pas dan tidak sesuai realita,” kata mereka.

“Terkait Royalti Asmalibrasi. Dari awal menerima uang royalti Asmalibrasi, kami pihak manajemen mendistribusikan sesuai dengan nominal yang telah disepakati. Fanny pun selalu terlibat dalam keputusan pembagian royalti,” lanjutnya.

BACA JUGA:   Kelakar Kaesang Pangarep Bikin Cak Imin Tertawa Lebar: Partai Santri Indonesia
Penyanyi Fanny Soegi lewat akun X miliknya bersuara lantang terkait hak royalti lagu Asmalibrasi. [Instagram Fanny Soegi]

“Kami juga tidak ada masalah dengan pencipta dan masih berkomunikasi dengan baik. Bahkan masih ada kerja sama di salah satu karya pada album baru Langkah Rupa. Kami juga siap apabila diperlukan rekonsiliasi royalti dengan ahli,” sambung band tersebut.

Untuk diketahui lagu Asmalibrasi merupakan ciptaan Dhimas Tirta Franata. Dhimas diketahui penjual minuman bajigur dengan nama Wedang Atlas yang sangat sederhana dan minuman gula asam bersoda.

Selain kuliner, Dhimas juga memiliki usaha clothings dan sablon.

Artikel Terkait