FIFA Siapkan Wasit Terbaik hingga VAR untuk Piala Dunia U-17

Forumterkininews.id, Jakarta – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menyiapkan wasit terbaik hingga teknologi canggih berupa Video Assistant Referee (VAR) untuk ajang Piala Dunia U-17 November mendatang.

Sekitar 18 wasit tengah, 36 asisten wasit dan 18 wasit VAR akan memimpin selama pertandingan FIFA World Cup U-17 berlangsung.

Ada tiga nama warga Indonesia yang ikut terpilih menjadi wasit pada ajang besar itu yakni Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri dan Yudi Nurcahya.

Menurut FIFA, wasit merupakan faktor terpenting agar pertandingan berjalan dengan sewajarnya dan menciptakan kompetisi yang baik.

“Kami menantikan turnamen FIFA perdana yang dimainkan di Indonesia, karena ini akan menjadi turnamen yang menjadi kunci bagi wasit,” jelas Ketua Komite Wasit FIFA Pieluigi Collina dalam laman Antara, Rabu (27/9) malam.

FIFA juga akan mematangkan kembali para wasit yang terpilih dengan pelatihan dan seminar sebelum turnamen mulai. Termasuk menganalisis klip video situasi dan mengambil bagian dalam sesi pelatihan praktik langsung dengan pemain.

“Berkaca dari kesuksesan FIFA World Cup U-20 di Argentina, turnamen ini juga memberikan peluang bagi wasit FIFA terpilih untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam turnamen kelas internasional sambil mengambil salah satu jenjang karir yang krusial untuk kemajuan karir mereka ke depannya,” ungkap Pieluigi Collina.

Sementara itu, penggunaan VAR sendiri merupakan hal pertama kalinya untuk pertandingan di Indonesia.

VAR merupakan teknologi yang akan membantu wasit dalam mengonfirmasi kembali keputusan dalam pertandingan jika ada pelanggaran yang terjadi.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir, menyampaikan Indonesia akan menggunakan VAR pada awal tahun 2024 untuk pertandingan BRI Liga 1 2023/24.

VAR sendiri merupakan teknologi yang sudah membantu wasit pada sepak bola liga besar dunia seperti Liga Inggris, Italia, Spanyol dan negara Eropa lainnya.

BACA JUGA:   Ribuan Personel Gabungan Amankan FIBA World Cup di GBK

Di Asia Tenggara, baru Singapura dan Thailand yang memakai teknologi VAR.

Artikel Terkait

Kandaskan Jabar, Jateng Sukses Rebut Juara Umum Cabor Bulu Tangkis

FTNews, Deli Serdang--- Tim bulu tangkis Jawa Tengah (Jateng)...

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...