Gandeng Swasta, Simulasi Tahap Pertama Makan Bergizi Gratis tak Ditanggung APBD

FTNews, Pekanbaru— Semakin mendekati pergantian pemerintahan baru, semakin banyak daerah menggelar simulasi makan bergizi gratis (MBG). Tak heran, program ini merupakan salah satu andalan pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Salah satu yang menggelar simulasi program MBG adalah Kota Pakanbaru yang diikuti oleh ratusan siswa sekolah dasar. Menu siap santap yang dihidangkan adalah ayam goreng, sayur buncis serta wortel, melon dan susu yang dikemas dalam kotak.

Dilansir mediacenter.riau, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, simulasi tahap awal tidak ditanggung APBD sehingga hanya berlangsung di dua sekolah yakni SDN 99 Pekanbaru dan SDN 139 Pekanbaru.

Jumlah murid yang mendapatkan simulasi program makan bergizi gratis ini sebanyak 334 anak. Sebanyak 145 murid di SDN 139 Pekanbaru dan 189 murid di SDN 99 Pekanbaru. “Untuk simulasi tahap awal, tidak ditanggung APBD, kita hanya menyiapkan dua sekolah,” terang Abdul Jamal.

Ia menuturkan, simulasi ini digelar jelang penerapan program makan siang bergizi gratis pada Januari 2025 mendatang. Ia menyebut simulasi kali ini menggandeng pihak swasta yakni, Gojek-Tokopedia.

Simulasi ini sama sekali tidak memakai APBD Kota Pekanbaru. Makanan yang tersedia merupakan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Jamal menyebut bahwa makanan itu dipesan secara daring .

“Untuk paket makanan jam 11 sampai jam 12 siang kita bagikan,” jelasnya.

Jamal menambahkan, bahwa persiapan simulasi ini juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru. Mereka membantu pengkajian gizi agar makan siang ini empat sehat lima sempurna.***

 

 

Artikel Terkait

Delapan Kepala Daerah Maju Pilkada, Pj Gubri Usulkan 18 Nama untuk Pjs

FTNews, Pekanbaru--- Delapan kepala daerah di Provinsi Riau maju...

Athallah Azha Sumbang Emas ke 10 bagi Kontingen Riau

FTNews, Banda Aceh--- Riau kembali menambah emas PON XXI...

Dapat 2 Emas dari Anggar, Riau Masih Berpeluang Tambah 2 Emas Lagi

FTNews, Banda Aceh--- Riau kembali menorah prestasi di cabang...

Curah Hujan Tinggi, Jalan Lintas Riau-Sumbar Kembali Longsor

FTNews, Pekanbaru--- Jalan lintas Riau-Sumbar kembali longsor. Hal ini...

Pemprov Riau Terima Penghargaan Provinsi Terbaik Coverage Zona Sumatera

FTNews--- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dianugerahi penghargaan Paritrana Award...