Gegara Gaji, Perawat Inggris Mogok Kerja Lagi

Forumterkininews.id, London- Perawat di seluruh Inggris memulai dua hari pemogokan kerja pada Rabu, (18/1) karena persoalan gaji. Aksi mogok kerja itu juga mengancam gangguan baru bagi pasien di layanan kesehatan yang dikelola pemerintah.

Melansir Reuters, pemogokan terjadi setelah perawat mengadakan penghentian pertama serikat mereka  bulan lalu, bergabung dengan gelombang aksi industri oleh pekerja sektor publik Inggris yang dilanda krisis biaya hidup yang didorong oleh kenaikan harga.

Statistik inflasi tahunan terbaru, dirilis Rabu pagi, menunjukkan mereka tetap mendekati tingkat rekor historis, dengan tingkat penurunan sedikit pada Desember menjadi 10,5 persen, dibandingkan dengan 10,7 persen bulan sebelumnya.

Serikat perawat utama menuduh pemerintah gagal bernegosiasi secara serius untuk meningkatkan kesepakatan gaji mereka untuk tahun ini, yang menurut mereka sangat penting mengingat situasi ekonomi.

“Kami melakukan aksi mogok dengan berat hati tetapi pikiran jernih tentang apa yang ingin kami capai,” kata perawat Anna Swift sebelum bergabung dengan barisan  di pusat kota London.

“Sudah waktunya mengambil tindakan untuk mengatakan kami membutuhkan gaji yang lebih baik, kami membutuhkan kondisi yang lebih baik,” katanya kepada Sky News.

Pemogokan lebih lanjut direncanakan pada 6 Februari dan 7 Februari oleh serikat Royal College of Nursing (RCN), yang mengatakan mereka akan menggelar aksi mogok besar-besaran.

Perdana Menteri Rishi Sunak bersikeras bahwa Inggris yang dilanda resesi tidak mampu membuka kembali gaji sektor publik yang telah ditetapkan untuk tahun fiskal ini, yang berakhir pada 31 Maret.

Dia telah mengisyaratkan kemungkinan lebih banyak fleksibilitas dalam menyetujui kesepakatan gaji yang akan datang, ditangani oleh badan peninjauan gaji yang independensinya dari pemerintah telah dipertanyakan.

Artikel Terkait