Hadirkan “Kelana Nusantara”, Ini yang Kemenparekraf Bidik

FTNews – Pelaku ekonomi kreatif di Indonesia, berasal dari pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menyumbang 97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia. 

Selain itu, Indonesia juga ingin membuka sebanyak 4,4 juta lapangan pekerjaan yang baru melalui ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, menyatakan bahwa itu adalah salah satu tugas mereka untuk merealisasikan misi ini. Oleh karena itu, mereka menghadirkan sebuah program bernama “Kelana Nusantara” untuk merealisasikan misi ini.

Kelana Nusantara adalah sebuah ajang di mana adanya dialog antara pihak Kemenparekraf dan para pelaku ekonomi kreatif. Forum ini menjadi wadah untuk menampung aspirasi dari bawah yang akan menjadi masukan dan bahan evaluasi untuk ke depannya.

Mengawali program ini, Sandiaga mengunjungi para pelaku ekonomi kreatif di Jambi. Ia menghadiri acara ini di Teanol Cafe, Jambi, pada Minggu (17/3).

“Kelana Nusantara ini kita hadirkan untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif dan tadi kita lihat ada potensi yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” jelas Sandiaga.

Potensi Ekonomi Kreatif di Jambi

Acara diskusi dalam Kelana Nusantara. Foto: Kemenparekraf

Dalam acara tersebut, Sandiaga menjelaskan bahwa Provinsi Jambi memiliki potensi ekonomi kreatif yang sangat beragam. 

Tidak hanya itu, ia juga mendorong agar Pemerintah Kota Jambi untuk mengajukan uji petik Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif untuk menentukan subsektor unggulan di Jambi.

“UMKM menciptakan lapangan kerja. Kalau kita memberdayakan UMKM, maka lapangan kerja di Jambi akan terbuka lebar,” jelas Sandiaga.

Selain itu, ia juga berdiskusi dengan salah seorang peserta yang menghadiri acara ini. Peserta tersebut ingin Jambi dapat menghadirkan acara berkelas nasional dan internasional untuk mendorong kunjungan wisatawan.

BACA JUGA:   BPJS Buka Posko Kesehatan Mudik Selama Lebaran 2024

Menanggapi hal ini, Menparekraf mengatakan bahwa Jambi memiliki banyak acara yang mampu meningkatkan kunjungan para wisatawan. 

Kemenparekraf juga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi untuk menghadirkan creative hub sehingga pelaku ekonomi kreatif dapat meningkatkan potensinya.

“Ini akan kita dorong ke depan melalui kolaborasi dengan Pak Gubernur dan Ibu Pj. Wali Kota. Ini akan kita siapkan melalui dana alokasi khusus (DAK),” jelas Sandiaga.

Artikel Terkait