Hati-hati! Bahan Kimia di Produk Anti Jerawat Berpotensi Picu Kanker

FTNews – Tumbuhnya jerawat di atas permukaan kulit wajah memang sangat menyebalkan. Pada dasarnya, kita tentu menginginkan wajah bersih dari jerawat.

Kita rela menggunakan produk-produk perawatan kulit, seperti produk anti jerawat, untuk menghindari hal-hal tersebut. Namun, hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit ini!

Jauhi produk-produk dengan tingkat benzena yang tinggi karena zat kimia ini dapat menyebabkan kanker pada kulit kita. 

Berdasarkan penelitian dari Valisure, sebuah laboratorium independen, produk-produk yang mengandung benzoil peroxida adalah yang harus kita hindari.

Menurut laporan mereka, benzena dapat terbentuk pada tingkat yang sangat tinggi dalam produk benzoil peroxida. Baik yang sudah diresepkan maupun yang dijual secara bebas.

Valisure juga menunjukan bahwa beberapa produk dapat membentuk benzena 800 kali lipat dari batas amannya berdasarkan Administrasi Makanan dan Obat (FDA) Amerika Serikat (AS).

Mereka telah melakukan penelitian dengan banyak produk. Saat produk-produk tersebut mereka letakkan di tempat bertemperatur tinggi, produk-produk tersebut dapat memproduksi benzena yang tinggi.

Ilustrasi menggunakan produk anti jerawat. Foto: canva

Mereka melakukan penelitian ini dengan umpama meletakkan produk ini di dalam sebuah mobil dengan suhu sekitar 65 derajat celcius selama 14 hari.

Saat meneliti sebuah produk dengan suhu 70 derajat celcius selama 17 jam, ternyata produk ini tidak hanya menghasilkan benzana. Namun, mereka juga menemukan gas benzena di dalam ruangan tersebut.

“Banyak penelitian epidemiologi berkaitan dengan pekerja petrolium terekspos dengan benzena melalui pernapasan,” tulis Valisure dalam laporan mereka.

“Secara jelas (ada) hubungan bahan kimia tersebut dengan berkembangnya kanker sel darah, seperti leukimia, di tingkat eksposur serendah 1 ppm (part per million),” lanjut mereka.

Dari 175 produk perawatan yang mereka teliti, sebanyak 99 terdapat benzoil peroxida. Lalu, sebanyak 94 yang memiliki bahan benzena asli.

Artikel Terkait