Hendra Kurniawan Akui Lakukan Penyelidikan Kasus Ismail Bolong

Forumterkininews.id, Jakarta – Eks Karopaminal Divpropam Polri, Hendra Kurniawan mengakui terkait laporan pemeriksaan penyelidikan terkait tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) yang menyeret nama Ismail Bolong.

Hal ini diungkapkan dirinya saat akan menjalani sidang lanjutan pemeriksaan saksi mengenai obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Kamis (24/11).

“Mengenai Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) penyelidikan betul ya betul,” ujar Hendra, kepada awak media, Kamis (24/11).

Ia juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah orang yang terlibat dalam dugaan setoran uang tambang ilegal tersebut. Salah satunya adalah Ismail Bolong.

“Iya betul ya saya (periksa Ismail Bolong),” kata Hendra.

Namun ia tidak menjelaskan secara detail terkait LHP yang ditandatanganinya. Tetapi ia memastikan bahwa LHP tesebut tidak fiktif.

“Tanyakan pada pejabat yang berwenang aja ya. Kan ada datanya, nggak fiktif,” kata Hendra.

Sebelumnya diberitakan, Eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo mengakui pernah menandatangani surat penyelidikan terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) yang menyeret nama Ismail Bolong.

Sambo mengatakan bahwa surat perintah penyelidikan yang beredar itu sudah benar dan ditandatangani oleh jenderal polisi bintang satu.

Viral

Diketahui, kasus ini mencuat ke publik setelah viralnya pernyataan mantan anggota Polri Ismail Bolong. Dalam pernyataannya, Ismail Bolong turut menyeret nama Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto.

“Ya sudah benar itu suratnya,” kata Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (22/11).

Namun, Sambo enggan menjelaskan detail kasus tambang ilegal yang disebut-sebut diduga menyeret nama Komjen Agus terkait dugaan aliran dana soal pengamanan tambang ilegal.

Sambo mempersilahkan awak media untuk menanyakan persoalan tersebut kepada pejabat polri yang berwenang dan masih menjabat.

BACA JUGA:   Curi Laptop Milik Bawaslu Sekadau, Tiga Pria Mendekam di Hotel Prodeo

“Tanya ke pejabat yang berwenang, kan surat itu sudah ada,” ucap Sambo.

Kemudian Mantan jenderal polisi bintang dua itu menegaskan bahwa surat penyelidikan terkait pemeriksaan Ismail Bolong sudah dikeluarkan oleh Divisi Propam Polri.

“Kan ada itu suratnya,” tegasnya

Artikel Terkait