Hongaria Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama

Forumterkininews.id, Budapest – Otoritas kesehatan Hongaria mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet, Selasa (31/5). Penyakit tersebut terdeteksi pada seorang pria berusia 38 tahun.

Melansir Xinhua, kepala petugas medis Cecilia Muller dalam konferensi persnya menyebut, penyakit tersebut tidak mudah menyebar dan hanya melalui kontak erat.

Menurutnya, cacar monyet berlangsung selama dua sampai empat pekan. Virus bisa menyebar lebih cepat pada pasien penderita gangguan imun dan ibu hamil.

Muller menegaskan, pasien cacar monyet harus diisolasi selama menjalani penyembuhan.

“Kami perlu memberikan perhatian pada kasus-kasus ini untuk menentukan diagnosa awal. Kami perlu memahami gejalanya. Jika seseorang terkena penyakit yang mencurigakan, silakan datang ke dokter,” katanya.

Meskipun cacar monyet paling banyak ditemukan di daerah hutan hujan tropis di Afrika tengah dan barat. Namun penyakit tersebut perlahan-lahan muncul di negara-negara non-endemik.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi 257 kasus cacar monyet. 120 kasus suspek di 23 negara, di mana virus tersebut bukanlah endemi.

WHO pada Selasa memperingatkan bahwa penularan lebih lanjut dari cacar monyet di Eropa dan tempat lainnya selama musim panas ini kemungkinan tinggi.

Artikel Terkait