Ini Cara Kerja Daun Kelor untuk Turunkan Berat Badan

FTNews – Daun kelor atau Moringa Oleifera merupakan bahan pokok dalam masakan india dan digunakan dalam praktik pengobatan. Daun kelor untuk turunkan berat badan juga banyak dipercaya masyarakat. 

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, seperti melakukan diet dan berolahraga. Sayangnya, cara ini belum tentu berhasil. Ahli Gizi klinik asal India Dr Lochan Tebak mengungkapkan cara kerja daun dalam memengaruhi berat badan.

Mengelola Nafsu Makan

Mengendalikan nafsu makan menjadi salah satu tantangan dalam menurunkan berat badan. Padahal, defisit kalori penting untuk menurunkan berat badan. 

Dr Tebak mengatakan, daun kelor untuk turunkan berat badan benar adanya. Tumbuhan ini dapat membantu mengatur kadar insulin yang pada gilirannya dapat meningkatkan manajemen nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk ngemil manis, dikutip Health Shot.

Daun Kelor untuk Turunkan Berat Badan
Sayur daun kelor. Foto: Shutterstock

Tinggi Kandungan Serat

Serat makanan membantu seseorang menurunkan berat badan. Kandungan ini ada dalam daun kelor. Dalam 100 gram daun kelor mengandung 8,2 gram atau sekitar 16-24% dan 19-29% atau 5,1 g protein.

Mengandung Sifat Anti-inflamasi

Daun kelor untuk turunkan berat badan karena mengandung  sifat anti inflamasi. “Ini dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh dan membantu penurunan berat badan. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa kenyang, menurunkan keinginan untuk makan berlebihan atau ngemil di sela-sela waktu makan,” jelas Dr Tebak.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah reaksi sel-sel tubuh yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Semakin cepat metabolisme berlangsung, maka semakin banyak kalori atau energi yang dibakar tubuh. 

Daun kelor untuk turunkan berat badan karena mendorong metabolisme dalam tubuh. Selain itu, daun kelor membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Daun Kelor untuk Turunkan Berat Badan
Daun kelor. FotoL Health Shot

 

Manfaat Daun Kelor

Selain menurunkan berat badan, daun kelor juga memiliki manfaat lain, antara lain:

  • Membantu mengelola kadar kolesterol dalam memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.
  • Kelor kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin B yang baik untuk kesehatan otak Anda.
  • Kaya akan berbagai nutrisi, kelor juga merupakan pilihan yang baik bagi orang yang mencari cara untuk memperkuat tulang mereka.
  • Sifat antioksidan dan anti inflamasi pada kelor dapat membantu mencegah beberapa penyakit, termasuk gangguan pernafasan, kesehatan ginjal, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Artikel Terkait