Ini Jenis Phobia yang Sering Dialami Remaja

Forumterkininews.id, Jakarta– Fobia merupakan keadaan seseorang merasa ketakutan yang tidak sebanding dengan objek atau situasi yang terjadi.

Perbedaan antara ketakutan biasa dengan fobia  adalah reaksi yang diberikan terhadap rasa takut. Misalnya, kamu mungkin gugup saat menyeberangi jembatan kayu tua, atau ketika kamu melewati sebuah tempat yang ramai oleh pengunjung.

Biasanya seseorang yang memiliki fobia sebisa mungkin berusaha keras untuk menghindari apa yang mereka takuti. Fobia ini dapat terjadi kepada siapa pun, jika tidak ditangani sedini mungkin, fobia ini dapat memberikan dampak yang serius bagi kehidupan pengidapnya.

Berikut adalah 5 fobia yang paling umum dialami oleh remaja.

1. Agoraphobia

Mungkin fobia jenis ini terdengar cukup asing, biasanya dikenal dengan panic disorder kondisi di mana penderitanya mengalami gangguan panik ketika berada di tempat umum, terkadang disebut ketakutan terhadap orang banyak.

Penderita agorafobia biasanya menghindari tempat yang ramai,  mungkin memiliki tempat-tempat tertentu yang tidak ingin mereka kunjungi. Dalam kasus seorang dengan bentuk agorafobia yang parah mungkin menolak untuk meninggalkan rumah sama sekali.

2. Claustrophobia

Claustrophobia adalah ketakutan saat berada dalam ruangan yang terbatas. Pada umumnya banyak orang akan takut dikurung di ruang yang sangat kecil, mereka yang memiliki klaustrofobia mungkin takut pada tempat-tempat seperti pesawat terbang, bus, kamar tanpa jendela, dan lift.

Beberapa orang dengan klaustrofobia mungkin juga merasa panik ketika mereka berada dalam lalu lintas yang padat atau bahkan ketika mengenakan kemeja dengan leher yang tidak nyaman.

Penderitanya sering kali merasa tidak mendapatkan udara yang cukup ketika berada disituasi tersebut.

3. Nomophobia

Nomophobia merupakan ketakutan tanpa ponsel, hal ini mungkin sesuai dengan keadaan saat ini, di mana segala hal yang dilakukan berhubungan dengan internet.

BACA JUGA:   KSP Anggap Laporan 15 Kasus Hepatitis Akut Masih Dugaan

Bagi kebanyakan orang, ketidaknyamanan ketika ponsel mati atau tertinggal merupakan hal yang biasa dan akan berkurang seiring berjalannya waktu. Namun, bagi mereka yang menderita nomofobia, gejala panik mungkin mulai muncul.

4. Social Phobia

Saat ini banyak remaja yang  menderita kecemasan sosial atau social anxiety. Jika kondisi ini dibiarkan, maka penderitanya dapat mengalami social phobia. Kondisi ini cukup mirip dengan agoraphobia, bedanya penderita social phobia akan merasakan perasaan negatif ketika bersama orang lain.

Fobia ini dapat berdampak negatif tidak hanya pada kehidupan sosial penderitanya, tetapi juga terhadap kehidupan sekolah, sosial, dan pekerjaan.

5. Medical Teen Phobias

Medical teen phobias dapat terjadi karena kebiasaan remaja yang mendiagnosis sendiri penyakit yang diderita. Ketika kita mencari informasi tentang keluhan yang kita rasakan di internet hal yang keluar adalah worst case scenarios, atau hal yang paling buruk yang bisa kita derita.

Misal ketika kamu mimisan, kamu mencari informasi di internet dan menemukan kalau itu merupakan tanda-tanda leukimia, tentu kamu akan menjadi takut. Padahal bisa saja itu karena kamu kelelahan dan udara yang kering.

Karena terlalu mudah untuk percaya bahwa hal buruk itu benar dan yang kamu derita, inilah yang menyebabkan banyak remaja takut dengan hal-hal yang berbau medis.

Itulah 5 fobia yang sering dialami oleh remaja saat ini, jika kamu merupakan salah satu yang mengalaminya jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter atau para ahli ya. Karena jika telat ditangani nanti akan mengganggu harimu lho.

Artikel Terkait