Isi Liburan Nataru di Jakarta, Nomor 2 Kapan Terakhir Dikunjungi?

FTNews, Jakarta – Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk warga kunjungi. Tempat wisata ini bisa jadi pilihan untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) bersama keluarga.

Sejumlah lokasi wisata ini pun kerap menjadi magnet. Selain menarik, wahana yang ditawarkan beragam.

Ragam destinasi wisata di Jakarta ini mulai dari wisata budaya, alam, taman hiburan, dan masih banyak lainnya.

Berikut rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi :

1. Ancol

Atraksi Dancing Fountain di Ancol. Foto: Ancol

Ancol adalah salah satu destinasi favorit bagi warga DKI Jakarta. Ancol sendiri memiliki beragam objek wisata.

Bagi yang ingin menikmati indahnya pantai, Ancol memilikinya. Beragam pantai yang dapat dikunjungi, mulai dari Pantai Lagoon, Festival, Indah, Beach Pool, dan Carnaval yang membentang sejauh 6,5 km. 

Lalu Dufan. Tempat bagi para pengunjung yang ingin memacu adrenalinnya ini dilengkapi dengan banyak wahana permainan. Terdapat juga pertunjukan atraksi yang akan menghibur para pengunjung. 

Di sini para pengunjung juga dapat melihat satwa. Jakarta Bird Land memiliki berbagai jenis burung Indonesia maupun mancanegara. Selain itu, jika ingin melihat ikan, wisatawan dapat mengunjungi Sea World. Terakhir, jika ingin melihat atraksi satwa, Samudra Ancol adalah tempatnya.

2. Taman Margasatwa Ragunan

Foto pintu masuk kawasan Pusat Primata Schmutzer di Ragunan. Foto: Istimewa

Taman Margasatwa Ragunan adalah kebun binatang tertua di Indonesia dan Jakarta. Dengan luas tanah 147 hektare (ha), tanah ini menjadi rumah bagi 2.000 satwa.

Pengunjung juga dapat melakukan interaksi langsung dengan satwa-satwa yang ada. Seperti menaiki kuda, unta, bahkan gajah.

Taman Margasatwa Ragunan juga memiliki pusat primata di mana wisatawan dapat melihat hewan-hewan primata seperti gorila dan orangutan.

Selain itu, terdapat juga mini zoo dengan satwa-satwa yang disukai anak-anak .

3. Jakarta Aquarium & Safari

Foto salah satu Aquarium di Jakarta Aquarium & Safari. Foto: istimewa

Di bawah naungan Taman Safari Indonesia dan kolaborasi dengan Aquaria KLCC, Malaysia, Jakarta Aquarium & Safari adalah aquarium indoor terbesar di Indonesia. Lebih dari 3.500 spesies satwa dapat ditemukan di dalam sini.

BACA JUGA:   Ingin Coba Wisata Ekstrem, Coba Deh ke Gorontalo!

Tidak hanya satwa akuatik saja, tetapi terdapat juga satwa-satwa darat juga dapat ditemukan di Jakarta Aquarium & Safari.

Pengunjung juga dapat melakukan Aquatrekking, Diving, dan menonton pertunjukan-pertunjukan yang sangat menarik tentunya.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Foto Museum Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Foto: TMII

Jika ingin pergi mengenal Indonesia dari Sabang hingga Merauke, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah tempatnya. Beragam corak adat dan budaya mewarnai destinasi wisata ini.

Dengan luas area 150 ha, TMII merangkum seluruh kebudayaan setiap provinsi di Indonesia. Dilengkapi dengan anjungan daerah, arsitektur tradisional, kesenian daerah, dan masih banyak lagi.

Banyak tempat dapat Anda kunjungi di dalam TMII. Terdapat 18 museum yang merangkum sejarah Indonesia melalui wisata edukasi. Selain museum, terdapat juga Teater Keong Mas, Taman Burung, dan Dunia Air Tawar dan Serangga.

5. Kota Tua

Foto Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah di Kota Tua saat malam hari. Foto: Istimewa

Melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat, kawasan dengan luas 1,3 kilometer persegi ini menjadi destinasi wisata favorit bagi warga DKI Jakarta.

Kota Tua adalah sebuah wilayah yang menjadi situs warisan pada tahun 1972 oleh Gubernur Ali Sadikin. Arsitektur gedung menjadi daya tarik pengunjung dengan gaya arsitektur kolonial Belanda.

Kota Tua memiliki banyak tempat yang dapat Anda kunjungi. Mulai dari Museum Sejarah Jakarta atau kita kenal dengan Museum Fatahillah. Gedung ini pernah menjadi Balai Kota Batavia setelah dibangun pada tahun 1710. Sekarang menjadi museum yang menyajikan perjalanan sejarah Jakarta.

Selain itu, terdapat banyak museum lainnya seperti Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

Artikel Terkait