ITDC: Top Speed Pembalap 300 Km, Sirkuit Mandalika Penuhi Kualifikasi

Forumterkininews.id, Jakarta -Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdhlular M. Mansoer mengatakan rata-rata top speed pembalap dalam test pramusim MotoGP Mandalika 2022 di atas 300 kilometer per jam.

“Dengan demikian, Sirkuit Internasional Mandalika memenuhi kualifikasi olahraga balap dunia,” katanya dalam keterangan pers, Kamis (17/2).

Dalam official test yang diikuti 24 pebalap pada 11-13 Februari 2022 itu, pabrikan Ducati berhasil merajai catatan tertinggi. Adapun Johann Zarco dari tim Pramac Racing memimpin catatan top speed dengan melaju sampai 314,8 km/jam di trek lurus Sirkuit Mandalika pada hari ketiga tes di trek sepanjang 4,31 km.

Mansoer menjelaskan, pihaknya melakukan evaluasi internal terhadap apa yang sudah berjalan dalam tes pramusim. Dan pihaknya mendapatkan catatan bahwa tes di hari pertama pada 11 Februari 2022, top speed pembalap mencapai 285 km/jam. Kemudian tes ditunda karena ada pembersihan sirkuit.

Dikatakannya setelah dilakukan pembersihan, siang harinya tes dilanjutkan. Pada akhir hari pertama, top speed yang dicapai Johann Zarco mencapai 314,8 km/ jam. Artinya pebalap sudah melakukan adjustment.

“Kami juga melakukan pembersihan di hari pertama sehingga pebalap bisa mencapai top speed yang memang diharapkan sekitar 310 km/jam ke atas. Atau 1 menit 33 detik per lap,” kata Mansoer.

Kemudian, hari kedua dan ketiga juga dimulai tepat waktu tanpa penundaan. Pebalap semakin meningkatkan performanya.

“Jadi top speed hari pertama sampai ketiga semuanya mencapai 314 km/jam,” ungkap Abdulbar.

Artikel Terkait