Jangan Lakukan Ini Saat Kamu Menstruasi

Forumterkininews.id, Jakarta– Ketika dalam masa menstruasi sebagian perempuan akan merasakan kram perut, kembung, lesu, dan perubahan emosi yang cepat yang membuat tidak nyaman.

Menstruasi dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Namun, kamu tetap harus menghadapi situasi tersebut karena menstruasi merupakan kejadian alamiah yang menandakan jika tubuh sehat.

Hindari hal berikut agar rasa tidak nyaman kamu berkurang.

1. Mengonsumsi makanan asin

Jangan mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi saat menstruasi karena dapat memperburuk kram perut yang kamu rasakan. Terlebih lagi, itu juga dapat menyebabkan kembung sehingga kamu semakin tidak nyaman.

2. Minum banyak kopi

Meminum banyak kopi saat masa menstruasi adalah hal yang sangat buruk. Kandungan kafein yang tinggi dapat memperburuk rasa sakit dan dapat menyebabkan nyeri pada payudara.

3. Menggunakan pembalut dalam jangka waktu panjang

Memakai pembalut atau tampon yang sama lebih dari 4 hingga 6 jam akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan akan menyebabkan bau tak sedap. Selain itu, hal itu juga dapat menyebabkan ruam kulit dan TSS (Toxic Shock Syndrome).

4. Waxing atau mencukur

Hindari mencukur atau mencabut rambut saat menstruasi. Area ini sensitif dan tarikan saat waxing bisa menjadi sakit sehingga membuat semakin tidak nyaman.

Mencukur saat menstruasi juga bisa semakin berbahaya ketika terjadi luka, itu akan menyebabkan infeksi.

5. Merokok

Kita semua tahu bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan, tetapi wanita yang merokok selama menstruasi akan menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Sebuah studi dari jurnal Tobacco Control menemukan bahwa wanita perokok cenderung mengalami dismenore yang lebih menyakitkan daripada wanita yang tidak merokok.

6. Melakukan seks tanpa pengaman

BACA JUGA:   Sosok Ayah Banget! Cara Berkelas David Bayu Kawal Kasus Video Syur Audrey Davis

Melakukan seks saat masa menstruasi dapat meningkatkan risiko infeksi di dalam rahim. Hal ini karena mulut rahim akan terbuka dan sensitif saat menstruasi.

Dilansir Everyday Health, berhubungan seks saat menstruasi disebut merupakan hal yang normal. Yang terpenting, aktivitas ini dilakukan saat periode haid sedang sedikit dan dilakukan dengan menggunakan kondom. Penggunaan kondom menjadi penting karena dapat melindungi dari risiko infeksi seksual.

7. Melewatkan makan dan mengonsumsi makanan cepat saji (junk food)

Melewatkan makan selama menstruasi bukanlah ide yang baik karena dapat mempengaruhi tingkat energi, membuat lesu, letih, dan mudah tersinggung.

Mengonsumsi makanan cepat saji juga akan membuat masa menstruasi kamu semakin buruk. Junk food mengandung garam dan gula dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan masalah seperti kembung dan ras tidak nyaman.

Menghindari hal di atas mungkin dapat membantu kamu melalui masa menstruasi dengan lebih baik agar dapat menjalankan aktivitas seperti biasa.

Namun, ketika kamu mengalami sakit yang berlebihan, atau darah haid yang keluar sedikit sebaiknya periksa keadaan kamu ke dokter.

Artikel Terkait