Jokowi Resmikan 18 Venue PON XXI di Aceh: Rawat dan Manfaatkan Sebaik-baiknya

FT News – Presiden Jokowi meresmikan 18 venue Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh, yang dibangun dengan anggaran Rp 811 miliar, Senin (9/9/2024).

Jokowi mengatakan 18 venue yang direhabilitasi, direnovasi dan dibangun itu tersebar di Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie dan Aceh Tengah.

“Dalam rangka mendukung pelaksanaan PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara, sejak 2023 kita telah melaksanakan renovasi dan pembangunan venue-venue. Di Provinsi Aceh ada 18 venue PON yang telah dibangun, direnovasi, dengan biaya anggaran Rp 811 miliar,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. [Tangkapan layar YouTube Setpres]

Jokowi meminta kepada daerah di Aceh untuk menjaga, merawat, dan memanfaatkan venue-venue itu dengan baik.

Dirinya tidak ingin fasilitas olahraga yang telah dibangun dan direnovasi dengan biaya yang cukup besar menjadi rusak karena tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

“Saya minta ke Pak Gubernur, para bupati, dan wali kota agar mengelola pemanfaatan fasilitas ini secara profesional agar terpelihara dengan baik dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang hingga puluhan tahun ke depan,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. [Tangkapan layar YouTube Setpres]

Selain dimanfaatkan untuk perhelatan PON XXI, Jokowi juga berharap venue-venue itu dapat dimanfaatkan untuk menjaring dan membina talenta-talenta olahraga terbaik dari Aceh, sehingga nantinya dapat meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Manfaatkan venue-venue ini sebagai tempat penjaringan dan pembinaan bibit-bibit unggul di bidang olahraga, sebagai tempat pelatihan para atlet dari Aceh untuk meningkatkan prestasi dari cabang-cabang olahraga untuk nantinya bertanding di tingkat nasional maupun internasional,” tukasnya.

Artikel Terkait