Ketika Motor BMW R18B Dimodif, Jadi Semakin Sangar

Forumterkininews.id, Jakarta Motor BMW R18 B sudah terlihat sangar. Namun, salah satu desainer motor bernama Fred Kodin mengubahnya dengan lebih sangar lagi.

Ini adalah pertama kalinya Kodlin mengalihkan pandangan kreatifnya ke merek BMW, dan bersama putranya Len, mempresentasikan desain yang telah selesai di Daytona Bike Week tahun ini di garis pantai Florida.

“Kami telah sepenuhnya memproduksi ulang ban atas untuk menurunkan fly-line dan dengan demikian ketinggian jok R18 B. Kami juga mengubah kepala kemudi dan klem tiga sehingga kastornya pas. Meskipun sudut kemudi diubah dan agar motor dapat dikendarai dengan baik,” kata Fred Kodin, diberitakan MCN.

Garis-garis yang mengalir dari Tugas Berat diakhiri dengan sepasang pannier yang dibuat oleh Kodlin dari plastik yang diperkuat serat kaca. Sedangkan sepeda secara keseluruhan terlihat seperti terpaku pada aspal karena sistem suspensi udara.
Kompresor yang ditempatkan di belakang casing sisi kiri memungkinkan R18 B diturunkan dan dinaikkan dalam sepersekian detik.

Untuk parkir, sasis diturunkan untuk bertumpu pada titik penyangga tersembunyi, membiarkan motor berjongkok hanya beberapa sentimeter di atas tanah.

Tim ayah dan anak ini juga membutuhkan waktu tiga bulan untuk mendesain ulang bagian tubuh yang penting termasuk tangki lembaran logam yang lebih panjang dan spatbor depan yang memeluk roda 21 inci.

Sedangkan Spatbor belakang dibangun dari dua spatbor R18 B yang disatukan dengan indikator dan lampu belakang terintegrasi di dalamnya.

Untuk menyatukan tangki ramping ke bagian belakang yang dibentuk ulang, dibuat panel samping khusus yang menarik perhatian dari depan ke belakang. Tugas Berat juga menawarkan amplifier Marshall dan pengaturan speaker.

Pekerjaan cat sepeda dirancang dan diterapkan oleh kolaborator lama Kodlin Marcel Sinnwell yang sekarang jarang menggunakan airbrush tetapi membuat pengecualian untuk lowrider Heavy Duty.

BACA JUGA:   Polisi Cari Pencuri Sepeda Motor Milik Warga Asrama Polri

Hasil akhir yang berwarna-warni di-airbrush dengan cat transparan dengan inspirasi yang berasal dari coretan warna yang dibuat saat mencampurkannya ke dalam lapisan dasar susu.

Sentuhan desain tambahan termasuk garis-garis yang dilukis dengan tangan dan pola airbrush pada spatbor belakang yang menggabungkan Kodlin dan “100 tahun BMW Motorrad”.

Namun, sebagian besar motor tetap standar, termasuk tuas, kaliper rem, perpindahan gigi, pijakan kaki, dan mesin 89bhp, 1802cc silinder ganda.

“Motor dasarnya dan terutama mesinnya sangat, sangat bersih. Semua kabel kelistrikan sudah disembunyikan dengan baik, jadi kami tidak perlu melakukan apa pun pada mesin, ”jelas Kodlin, meskipun penutup kepala silinder dicat hitam.

Artikel Terkait