Kominfo Masih Belum Buka Akses Game Online Fortnite & FIFA

Forumterkininews.id, Jakarta – Kabar buruk untuk penggemar berat game FIFA dan juga Fortnite. Pasalnya, sampai berita ini diturunkan, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Indonesia belum juga membuka kembali akses dua game tersebut.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia memblokir akses ke Steam, PayPal, Yahoo, Epic Games, dan Origin setelah perusahaan gagal memenuhi tenggat waktu untuk mendaftar ke penyelenggara sistem elektronik (PSE).

Persyaratan ini dibundel dengan undang-undang yang lebih luas, yang disebut MR5, yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2020.

Undang-undang tersebut memberi pemerintah Indonesia wewenang untuk memerintahkan platform untuk menghapus konten yang dianggap ilegal serta meminta data pengguna tertentu.

Pada tahun 2021, kelompok hak digital Electronic Frontier Foundation (EFF) menyebut kebijakan tersebut “invasif terhadap hak asasi manusia.”

Meskipun PayPal belum mematuhinya, Indonesia membuka blokir akses ke layanan tersebut selama lima hari mulai 31 Juli untuk memberi pengguna kesempatan menarik uang dan melakukan pembayaran.

Menurut laporan dari outlet berita Indonesia Antara News, PayPal dilaporkan berencana untuk segera mendaftar ke database negara.
Epic Games dan Origin milik EA masih tetap dilarang di negara tersebut, yang membuat game seperti Fortnite dan FIFA tidak dapat dimainkan.

Larangan tersebut telah memicu reaksi di antara pengguna Indonesia, yang telah menjadikan #BlockirKominfo (blok Kominfo) sebagai tagar trending di Twitter. Beberapa pengguna terpaksa menggunakan VPN (jaringan pribadi virtual) untuk bermain game dari layanan terlarang.

Sementara itu, idak ada kabar kapan Epic dan Origin berencana untuk mematuhi persyaratan pendaftaran negara. Sementara itu, media online The Verge berusaha untuk menghubungi kedua perusahaan dengan permintaan komentar, tetapi belum mendapat tanggapan.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...