Kriminolog Ungkap Dua Kemungkinan Penyebab Kematian Satu Keluarga di Kalideres

Forumterkininews.id, Jakarta – Penyebab kematian satu keluarga yang terjadi di dalam satu rumah di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (10/11) masih terus diselidiki oleh pihak kepolisian.

Kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala mengatakan terdapat dua teori yang berkaitan dengan kasus tewasnya satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

“Yang pertama yaitu kemungkinan sebagian dari mereka, khususnya yang lansia tidak kelaparan, tapi dilaparkan. Mereka tidak diberi makan sampai mati. Keempatnya kemudian bunuh diri dengan cara tertentu yang bisa terlihat melalui otopsi,” kata Andrianus, dalam keterangannya, Selasa (15/11).

Lebih lanjut ia mengatakan teori yang kedua yaitu keempatnya adalah penganut keyakinan menyimpang tentang hidup setelah mati. Terkait hal ini tindakan melaparkan diri adalah bagian untuk mencapai kesempurnaan hidup. Sementara itu ia mengatakan dari kedua teori yang diungkap, menurutnya hal yang paling masuk akal adalah teori kedua.

“Teori kedua yang benar. Jadi mungkin mereka punya keyakinan kepercayaan yang agak beda. Sehingga ada sebuah tindakan yang disengaja boleh dibilang begitu,” ujar Andiranus dia.

Adapun hal yang mendukung teorinya yaitu ketika pihak kepolisian menyita sebuah buku dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Itu memang kelompok kecil yang punya keyakinan khas mengenai hidup setelah mati lah begitu, yang saya sebut apokaliptik itu,” ucap Andrianus.

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Jakarta Barat mengungkap penyebab tewasnya satu keluarga yang terdiri dari empat orang di Perumahan Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (10/11) malam, diduga akibat kelaparan.

Lebih lanjut ia mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan dari organ lambung jasad ini ditemukan otot-ototnya sudah mengecil akibat tidak menerima nutrisi. Sementara itu keluarga ini diduga sudah mengalami kelaparan tiga minggu yang lalu.

BACA JUGA:   Kasus Korupsi di Garuda Naik ke Penyidikan Pekan Depan

Selain itu pihaknya hingga saat ini masih akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti kematian satu keluarga ini.

Artikel Terkait