Kunjungan Wisata di Garut Selama Mudik Lebaran Tahun Ini Naik Dibanding Sebelumnya

FTNews – Jumlah kunjungan wisata di sejumlah destinasi yang ada di Kabupaten Garut naik pada musim mudik lebaran tahun ini. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut mengungkapkan, terjadi peningkatan bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan catatan kunjungan wisata di Garut tahun ini, ada 31.448 orang yang berlibur di sejumlah destinasi wisata wilayah tersebut.

“Secara keseluruhan memang ada kenaikan,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Luna Aviantrini di Garut, Rabu (17/4).

Sejumlah destinasi wisata yang dikunjungi pada musim libur lebaran tahun ini di Garut meliputi wisata alam, pantai, dan danau.

Meski demikian, Disparbud Garut mencatat obyek wisata favorit di wilayah tersebut yang banyak dikunjungi meliputi Situ Bagendit, Situ dan Candi Cangkuang, lalu objek wisata Pantai Santolo, Sayang Heulang, dan Rancabuaya dengan total pengunjung 31.448 selama libur Lebaran 2024.

Bila dibandingkan musim lebaran tahun lalu ada kenaikan lebih dari 4.000 pengunjung. Dari catatan Disparbud, pada tahun lalu ada 27.326 orang yang mengunjungi destinasi wisata di bawah pengelolaan pemkab.

“Untuk lima destinasi wisata, alhamdulillah selama libur Idul Fitri mulai dari hari H sampai H+4 jumlah kunjungan wisatawan cukup menggembirakan,” katanya.

Luna mengemukakan, peningkatan kunjungan wisatawan tersebut tak bisa dilepaskan dari adanya agenda pariwisata, pentas seni di ruang publik kawasan wisata seperti di Situ Bagendit dan Situ Cangkuang.

Khusus promosi dan pentas seni itu, kata dia, menjadi daya tarik bagi masyarakat agar mau berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Kabupaten Garut, terutama saat musim libur Lebaran.

Setelah musim libur Lebaran, Luna mengemukakan ada sejumlah evaluasi terkait kekurangan dan kelebihannya sebagai langkah berikutnya agar pelayanan pariwisata di Garut lebih baik.

BACA JUGA:   Selama Libur Lebaran, Dishub Kota Bandung Klaim Arus Kendaraan Lancar

“Kita akan evaluasi dulu hasil monitoring kami di lapangan selama libur Lebaran, dan juga pelaksanaan pentas seni di destinasi wisata,” katanya.

Artikel Terkait

BNPB Minta Masyarakat dan Pemda tak Berlebihan Menyikapi Isu Megathrust

FTNews, Pangandaran--- Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional ...

Berharap DPD RI Dukung Bandara Husein Kembali Melayani Penerbangan Internasional

FTNews-- Keinginan Pemkot Bandung agar Bandara Husein Sastranegara direaktivasi ...