Mobile Ad
BMKG Perkirakan Sejumlah Daerah di Banten Bakal Diguyur Hujan Lebat dan Petir

Rabu, 10 Jan 2024

FTNews - Cuaca di Wilayah Kabupaten Banten pada Rabu (10/1) siang akan berawan hingga terjadi hujan berintensitas ringan dan sedang.

Meski begitu, menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) suhu udara berkisar antara 22 sampai 33 derajat celcius.

"Kondisi berawan dan hujan ringan hingga sedang terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang kepada wartawan.

Adapun tingkat kelembapan udara antara 65-95 persen dengan arah angin dari barat daya hingga barat laut dan kecepatan angin 05-20 kilometer/ jam.

Meski begitu, Tatang mengungkapkan, pihaknya juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan akan terjadinya hujan lebat dengan angin kencang dan petir.

"Di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Sedangkan, cuaca di Kota Cilegon dan Kota Tangerang relatif aman dari cuaca ekstrem.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang.

Bagi pelaku pelayaran yang melintasi Perairan Selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia untuk waspada dengan gelombang tinggi mulai 1,25 sampai 2,50 meter di Pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sementara untuk penyeberangan Merak-Bakauheni, pada Rabu ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement