Mobile Ad
Di Atas Kapal Laut, Jokowi Buka Kongres XVI GP Ansor

Jumat, 02 Feb 2024

FTNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Kongres XVI Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2) pagi.

Pembukaan itu ditandai dengan penabuhan rebana oleh Jokowi di hadapan seluruh hadirin.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan bahwa GP Ansor merupakan organisasi yang kreatif dan inovatif dengan konsep Kongres XVI di atas kapal laut.

"Baru kali ini, saya melihat Kongres di atas kapal. Kelihatannya GP Ansor mencari suasana berbeda. Ini tandanya GP Ansor inovatif,"kata Jokowi.

Jokowi juga mengapresiasi peran kemasyarakatan dan kebangsaan GP Ansor. Yang utamanya mengampanyekan moderasi beragama.

Apalagi, lanjutnya, wajah Nahdlatul Ulama (NU)  ke depan adalah GP Ansor saat ini.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan harapannya agar GP Ansor menjadi garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kerukunan Indonesia.

Terlebih pada 14 Februari 2024 mendatang, Indonesia akan menghadapi hajatan akbar berupa Pemilu.

“Dukungan dan partisipasi kita sangat-sangat diperlukan. Komitmen kita semua jelas bahwa pemilu harus demokratis. Pemilu harus dipastikan berlangsung aman dan tertib, transparan dan yang paling penting pemilu harus menggembirakan. Tidak meresahkan, tidak menakutkan, tidak mengkhawatirkan dan persatuan dan keutuhan bangsa harus di atas segala-galanya,” tegas Jokowi.

Ia juga meminta para tokoh agama, ulama, dan para cendekiawan untuk mensukseskan Pemilu yang sudah di depan mata.

Dan menjaga demokrasi dan keberlanjutan pembangunan yang telah berjalan untuk menjaga momentum Indonesia Maju dan Indonesia Emas.

“Artinya tugas kita bukan hanya mengawal Pemilu. Tugas kita juga mengawal pemerintahan ke depan. Membantu pemerintahan ke depan agar mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya untuk memenangkan Indonesia dan persaingan dunia semakin ketat dan semakin berat,” pungkasnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement