Mobile Ad
DPR Desak Menhub Evaluasi Mendalam Kecelakaan Bus Subang

Senin, 13 Mei 2024

FTNews- DPR mendesak Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan investigasi mendalam terkait kecelakaan bus rombongan pelajar SMK Lingga Kencana,  Depok di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (11/5).

"Komisi V DPR mendesak Menhub segera melakukan investigasi mendalam," kata anggota Komisi V DPR, Irwan dalam keterangannya, Minggu (12/5).

Irwan menyebut, Kemenhub membuka seluruh data izin usaha angkutan perusahaan otobus (PO). Kemenhub, lanjutnya, juga harus melakukan fungsi pengawasan terhadap kelaikan angkutan darat seperti bus.

"Komisi V DPR mendesak fungsional terminal-terminal di bawah Ditjen Perhubungan (Kemenhub). Sebagai lokasi pengawasan serta uji petik kelaikan bus-bus," tutur politikus asal Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut.

Di samping itu, ia mengingatkan pemerintah harus memberikan angkutan yang aman dan nyaman terhadap masyarakat.

Sebelumnya, bus pariwisata yang membawa pelajar SMK Lingga Kencana mengalami kecelakaan di kawasan Ciater.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Jules Abraham Abast mengungkap kronologi insiden maut yang menewaskan 11 orang tersebut.

Jules menyebut, tragedi bermula saat Bus Trans Putera Fajar dengan nomor polisi AD 7524 OG itu sedang melaju dari arah selatan menuju utara.

“Setibanya di lokasi dengan medan jalan menurun, bus oleng ke kanan. Kemudian, bus itu menabrak mobil Daihatsu Feroza D 1455 VCD serta sejumlah motor di lokasi kejadian,”papar Jules dalam keterangannya, Minggu (12/5).

”Bus terguling miring ke kiri, posisi ban kiri di atas dan terselusur. Sehingga menabrak tiga kendaraan jenis R2 yang terparkir di bahu jalan,” imbuhnya.

Kendaraan tersebut, lanjutnya, baru berhenti setelah menabrak tiang di bahu jalan dari arah Subang menuju Bandung.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang Asep Setia Permana menyebut bus itu melintasi jalan Ciater karena sedang menuju pulang ke wilayah Depok usai berwisata.

Kabarnya, seluruh penumpang tersebut merupakan siswa siswi yang tengah merayakan perpisahan sekolah.

Akibat kecelakaan itu, sebelas orang meninggal dunia dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement