Mobile Ad
Gunung Ruang Meletus, Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup

Jumat, 19 Apr 2024

FTNews - PT Angkasa Pura memutuskan untuk menutup Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara pada Kamis (18/4) imbas dari meletusnya Gunung Ruang.

Lebih dari 800 orang dievakuasi dari daerah tersebut, dan pemerintah setempat semakin memperluas zona evakuasi setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status waspada.

"Potensi erupsi masih tinggi beberapa waktu ke depan sehingga kita harus tetap waspada dan rekomendasi kami belum berubah untuk steril jarak aman enam kilometer dari pusat aktivitas,” ujar Ketua Tim Pengamatan Gunung Api PVMBG Heruningtyas Desi Purnamasari.

Badan tersebut juga menerima laporan bahwa batu dan abu yang berjatuhan merusak rumah-rumah. Dan memaksa rumah sakit terdekat untuk dievakuasi.

Tak hanya itu, para pejabat menutup area seluas enam kilometer di sekitar gunung berapi dan melakukan evakuasi lebih banyak penduduk.

“Beberapa di antaranya berasal dari pulau tetangga Tagulandang,”kata Abdul Muhari, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sekitar 1.500 dari mereka, lanjutnya, yang berada di daerah berisiko tinggi perlu segera dievakuasi. Sementara hampir 12.000 lainnya akan terkena dampaknya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement