Mobile Ad
Panwascam Diminta Jaga Integritas di Pilkada Serentak

Selasa, 28 Mei 2024

FTNews-  Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) diminta menjaga integritas dan meningkatkan kualitas pengawasan dengan cara memahami serta mengimplementasikan regulasi dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Herwyn J.H Malonda menyebut, hal itu lantaran Panwascam juga punya tugas menjaga amanah mengawal demokrasi.

"Panwascam memiliki tugas untuk menjaga integritas, memperkuat komitmen menjaga amanah mengawal demokrasi. Serta segera memahami pengetahuan tentang regulasi Pilkada,"ujar kata Herwyn dalam keterangannya, Senin (27/5).


Berdasarkan pengalaman Pemilu 2024, lanjutnya, ada beberapa pengawas pemilu di daerah yang kurang paham terkait undang-undang yang berlaku.




"Berkaca dari pemilu kemarin, ada beberapa pengawas yang masih kurang paham terkait regulasi pemilihan. Terutama tata cara dan mekanisme pengawasan yang berpengaruh pada kerja- kerja pengawasan, sehingga harapannya dalam Pilkada serentak 2024, hal seperti ini terulang lagi," paparnya.

Tak hanya itu, ia juga mengingatkan Panwascam untuk menjaga integritas serta soliditas antar anggota dan sekretariat demi terciptanya pemilihan jujur dan adil.

“Saya mengingatkan agar sesama pengawas untuk selalu solid serta menjaga marwah atau integritas lembaga ini demi terwujudnya pemilihan yang jurdil,” pungkasnya.

Tahap Pemutakhiran Data


Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengatakan bahwa penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 kini telah memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih.

Saat ini tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 sedang memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih. Dan pembentukan badan ad hoc,” ujar Komisioner KPU RI, Idham Holik, Kamis (17/5).

Idham menyebut, KPU saat ini juga masih menerima penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan.

Yang mana Setelah itu, akan ada proses verifikasi administrasi dan faktual.

Oleh karena itu, Idham pun mengajak para pemilih aktif berpartisipasi. Dalam gelaran kontestasi memilih pemimpin tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Kami mengajak kepada pemilih Indonesia untuk berpartisipasi aktif. Dalam penyelenggaraan pilkada serentak nasional,” terangnya.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement