Lokasi Layanan Kesehatan Gratis, Jangan Khawatir Sakit!

FTNews – Masyarakat yang hendak berlibur kini tak perlu khawatir saat mengalami gangguan kesehatan di jalan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan layanan kesehatan gratis di sejumlah jalur libur wisata Tahun Baru 2024.

Fasilitas posko kesehatan gratis itu salah satunya berada di Pelabuhan Merak, Banten dan jalur Cikopo, Jawa Barat. Kemenkes menyiapkan sekitar 2.890 posko kesehatan.

Posko itu tersebar di tempat istirahat (rest area), pintu tol, tempat ibadah, tempat wisata, dan tempat penyeberangan, terutama di pelabuhan Merak Banten dan jalur Cikopo Jawa Barat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, layanan itu berupa layanan kesehatan dasar, cek tekanan darah, kegawatdaruratan, akupresur atau pijat akupuntur di beberapa posko.

“Layanan kesehatan ini dapat semua masyarakat akses secara gratis. Layanan ini juga akan memberikan rujukan dengan dua jenis pertanggungan (coverage). Yakni pertanggungan oleh BPJS Kesehatan dan pertanggungan kecelakaan oleh Jasa Raharja,” katanya di Jakarta dalam keterangannya Sabtu (30/12).

Siaga saat Libur

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Azhar Jaya mengatakan selain posko kesehatan, semua puskesmas dan rumah sakit siaga saat libur Tahun Baru 2024.

“Pelayanan kesehatan di libur Tahun Baru ini didukung semua puskesmas jumlahnya total 10.147 dan rumah sakit yang berjumlah total 3.187,” kata Azhar.

Laporan sementara Posko kesehatan Pelabuhan Merak mencatat ada 40 orang yang dapat layanan kesehatan. Terbanyak ISPA 14 orang. Sisanya penyakit telinga 1 orang, masalah gigi berlubang (caries dental) 2 orang.

Lalu hipertensi 2 orang, hematoma 2 orang, sinus node dysfunction (SND) 1 orang, nyeri otot (myalgia) 2 orang. Pemeriksaan tensi darah 10 orang, dan gangguan pencernaan atau dispepsia 6 orang.

Artikel Terkait