Makna Gombal Receh dan Emoji Peluk Hasyim Asy’ari

FTNews – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) membongkar isi percakapan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda bernama Cindra Aditi Tejakinkin. Lalu apa makna gombal Hasyim Asy’ari?

Fakta ini terungkap dalam persidangan yang digelar DKPP atas putusan dugaan pelanggaran kode etik Ketua KPU Hasyim Asy’ari terkait tindakan asusila. 

Gombal Hasyim Asy'ari
Anggota DKPP Muhammad Tio Aliansyah mengungkapkan isi gombal Hasyim Asy’ari dalam sidang etik, Rabu (3/7). Foto: Tangkapan layar

Anggota Muhammad Tio Aliansyah ketika membacakan putusan menyebutkan Hasyim merayu korban lewat pesan singkat. Berdasar keterangan pengadu, Hasyim langsung intens mengirim pesan hingga menggunakan emoji peluk.

“Bahwa teradu sejak awal pertemuan dengan pengadu memiliki intensi untuk memberikan perlakuan khusus pada pengadu melalui percakapan ‘pandangan pertama turun ke hati’ emoji peluk,” kata Tio di ruang sidang DKPP, Jakarta Pusat, Rabu (3/7).

Makna Rayuan Gombal dan Emoji Peluk

Menilik berbagai sumber makna rayuan ‘pandangan pertama turun ke hati’ memiliki beberapa makna. Rayuan ini bisa menjadi ungkapan cinta, kekaguman, dan ungkapan sayang.

‘Pandangan pertama turun ke hati’ bisa menjadi ungkapan cinta dan kasih sayang pada seseorang. Maknanya adalah bahwa cinta tersebut datang secara tiba-tiba dan tidak terduga, seperti turun dari langit.

Bisa juga sebagai ungkapan kekaguman. Maknanya adalah bahwa orang tersebut begitu menarik dan mempesona sehingga membuat orang lain terpukau.

Terakhir, rayuan ini bisa sebagai ungkapan rasa sayang. Ini bermakna seseorang begitu mencintai orang tersebut, sehingga ingin selalu bersamanya.

Arti Emoji Peluk

Emoji peluk juga memberikan makna menunjukkan kasih sayang, cinta, dan dukungan. Emoji ini sering digunakan untuk memberikan dukungan moril, menunjukkan empati, dan rasa cinta pada seseorang.

Gombal Hasyim Asy'ari
Ketua DKPP membacakan hasil putusan etik terhadap Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Rabu (3/7). Foto: Antara

Keputusan DKPP

Pemberhentian Hasyim Asyari sebagai Ketua KPU merupakan buntut dari dugaan asusila pada seorang perempuan anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag, Belanda, berinisial CAT. 

BACA JUGA:   Kasus Vina Cirebon Bukan Pembunuhan, Susno Duadji Gelar Sayembara

Ketua DKPP Heddy Lugito memutuskan mengabulkan seluruh permohonan pemohon. “Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy’ari selaku Ketua KPU 2022-2027 merangkap anggota komisioner KPU. Terhitung sejak putusan ini dibacakan,” ujarnya dalam sidang, Rabu (3/7).

Artikel Terkait