Mangkirnya Firli Bahuri Dinilai Permalukan Marwah KPK

Forumterkininews.id, Jakarta – Mantan Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yudi Purnomo Harahap angkat bicara soal mangkirnya Ketua KPK, Firli Bahuri dari panggilan Polda Metro Jaya. Pemanggilan ini terkait kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam penanganan perkara tahun 2021.

Menurutnya penundaan pemeriksaan yang Firli minta Jumat (20/10) lalu sangat memalukan marwah KPK.

“Insiden mangkirnya Firli Bahuri Ketua KPK pada Jumat lalu sangat memalukan marwah KPK sebagai lembaga penegak hukum yang seharusnya patuh hukum,” kata Yudi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (23/10).

Apalagi lanjutnya, Wakil Ketua KPK, Nurul Gufron yang menyampaikan ketidakhadiran Firli. Bukan Firli Bahuri sendiri yang sampaikan.

Yudi pun meminta pimpinan KPK bertanggung jawab membawa Firli Bahuri ke Polda Metro Jaya untuk pemeriksaan dugaan kasus pemerasan tersebut. Kasus dugaan pemerasan oleh Pimpinan KPK dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. 

Dalam panggilan ulang kedua terhadap Firli oleh Polda Metro Jaya, publik pun sudah mengetahuinya. Jadi tidak ada alasan mangkir lagi untuk Firli menjalani pemeriksaan.

“Tidak ada alasan lagi untuk mangkir pemanggilan sebagai saksi. Jika pun mangkir maka penyidik sesuai aturan KUHAP bisa langsung membawa paksa Firli Bahuri di manapun posisinya berada,” ungkap Yudi.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mangkir dari pemanggilan tim penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimum Polda Metro Jaya. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak membenarkan hal itu di Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/10).

Artikel Terkait