Masyarakat Pesisir Dimintai Waspadai Rob Hingga 13 Agustus Mendatang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan waspada rob bagi wilayah pesisir ibu kota.

Permukaan air laut berpotensi naik selama 7-13 Agustus 2022 berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Priok. Hal ini disebabkan bumi yang saat ini tengah memasuki fase bulan purnama. Bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

“Saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum,” tulis BPBD di akun instagram @bpbddkijakarta, Minggu (7/8).

Dalam keterangannya, BPBD juga turut menyebutkan sejumlah wilayah di ibu kota yang perlu mewaspadai potensi banjir rob ini. “Wilayah pesisir DKI Jakarta di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu diimbau untuk WASPADA terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir,” tulis BPBD.

BPBD mengimbau masyarakat di wilayah pesisir untuk terus memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada situs website bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila nantinya menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, dapat segera menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

 

Artikel Terkait