Mayjen Richard Tampubolon Dilantik sebagai Pangdam Patimura

Forumterkininews.id,  Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman resmi menunjuk dan melantik Mayjen TNI Richard T.H Tampubolon menjadi Pangdam XVI/Patimura menggantikan Mayjen TNI Bambang Ismawan di Aula A.H Nasution Mabesad, Rabu (29/12). Richard menggantikan Mayjen TNI Bambang Ismawan yang selanjutnya menjabat Komandan Kodiklat TNI dengan promosi Pati bintang tiga.

Sebelum dipercaya sebagai Pangdam XVI/Ptm, Richard adalah Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopssus) TNI. Sebagai prajurit komando sejati, Richard banyak diberikan kepercayaan dan memiliki pengalaman berbagai macam penugasan di daerah operasi, baik operasi tempur maupun operasi intelijen.

Pengalaman operasi di berbagai wilayah Indonesia pernah dialaminya, seperti di Timor Timur, Papua, Ambon, Sampit (Kalteng) dan operasi Intelijen Imbangan masa Darurat Militer Aceh.

Selain itu, saat menjabat sebagai Danrindam VI/Mlw, Richard ikut andil dalam operasi pembebasan WNI yang di sandera oleh kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina. Bahkan saat berpangkat brigjen dan menjabat sebagai Wadanjen Kopassus, ia ditunjuk sebagai Kepala Operasi (Kaops) Nemangkawi I di Papua. Saat itu ia sukses merebut markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) serta melumpuhkan beberapa pimpinan militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB).

Saat menjabat Dankoopssus, Richard pernah memimpin operasi pengejaran terhadap kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso Sulawesi Tengah. Operasi di Poso ini bahkan mampu mengeleminir kekuatan kelompok teroris pimpinan Ali Kalora. Dari 11 DPO yang dikejar, tujuh di antaranya berhasil dilumpuhkan.

Sementara itu jabatan struktural selama berdinas di Kopassus yang pernah pegang diantaranya adalah Danunit di Grup 2 Kopassus, Dantim, Perwira Staf Intelijen, Danden, Kepala Seksi Intelijen dan Wadanyon di Grup 3 Sandi Yudha, Danyon di Grup 1 Kopassus, Komandan Sekolah Sandi Yudha Pusdikpassus, Waasintel Kopassus, Wadan Grup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2 Kopassus dan Komandan Grup 3 Kopassus. Sedangkan jabatan di luar Kopassus di antaranya sebagai Danrindam di Kodam VI/Mlw dan Danrem 023/KS Kodam I/BB.

BACA JUGA:   Kapolri Kerahkan Tenaga Medis Tambahan Tangani Korban Gempa Cianjur

Selain sukses berkarir di militer, Mayjen TNI Richard TH. Tampubolon juga dinobatkan sebagai tokoh berprestasi dan tampil sebagai narasumber pada program Supermentor 17, sebuah platform berbagi pengalaman untuk generasi muda. Disamping itu juga sukses menggodok atlet Indonesia dalam Program Indonesia Emas (Prima), Komandan Sub Kontingen Sea Games 2009 Vientiane Laos dan Manager Asian Games 2010 Guangzhou, China.

 

Artikel Terkait