Melongok Megahnya Stadion Jassim bin Hamad, Lokasi Timnas Bertemu Australia Malam Nanti

FTNews – Tim Nasional Indonesia bakal melakoni laga perdana di babak 16 besar Piala Asia 2023 melawan Australia. Pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Jassim bin Hamad Qatar, Minggu (28/1).

Stadion Jassim bin Hamad, yang juga dikenal sebagai Stadion Al-Sadd, merupakan stadion olahraga utama yang terletak di Doha, Qatar.

Sebelum menjadi lokasi pertandingan Piala Asia 2023, stadion itu juga telah menjadi arena pertandingan laga sepak bola Asian Games 2006, termasuk pertandingan perebutan medali emas.

Melansir sejumlah sumber, berikut gambaran lengkap Stadion yang namanya diambil dari nama mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Qatar, Jassim bin Hamad bin Abdullah al-Thani itu.

Kapasitas dan Desain

Ada sekitar 12.946 kursi tersedia di Stadion Jassim Bin Hamad. Elemen arsitektur modern dan tradisional Qatar hidup berdampingan dalam desain stadion.

Untuk menghormati warisan bahari Qatar, strukturnya yang tidak biasa memiliki eksterior mencolok yang terinspirasi oleh layar perahu dhow kuno.

Atap stadion yang dapat di buka juga  memungkinkan pengatur suhu selama pertandingan dan aktivitas.

Fasilitas dan Fitur Utama

Selain lapangan utama, di kawasan stadion juga terdapat kantor administrasi, kafe, masjid, tempat tinggal pekerja, lintasan atletik, lapangan latihan, kolam renang, dan gedung multi olah raga.

Lengkap dengan fasilitas modern, termasuk ruang ganti, ruang konferensi, dan fasilitas pelatihan.

Serta teknologi canggih, seperti layar besar dan sistem suara mutakhir, memberikan pengalaman penonton yang unik.

Penggunaan Stadion

Stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola nasional dan internasional, termasuk pertandingan Piala Asia 2023.

 

Stadion ini juga merupakan markas klub sepak bola Al-Sadd Sports Club.

Lokasi

Terletak di kota Al Rayyan, Doha, Qatar, yang merupakan pusat utama untuk acara olahraga dan hiburan di negara tersebut.

BACA JUGA:   Mengenal Turbulensi Ekstrem yang Terjadi Pada Singapore Airlines

Arsitektur dan Estetika

Desain arsitektur stadion mencerminkan nuansa kekayaan dan kemajuan Qatar, dengan elemen modern dan linier yang menonjol.

Pencahayaan malam yang dramatis menambah keindahan estetika stadion.

Sejarah dan Pembangunan

 

Di bangun untuk memenuhi standar internasional, stadion ini menjadi bagian integral dari persiapan Qatar untuk Piala Dunia FIFA 2022.

Aksesibilitas

Stadion ini terdesain dengan aksesibilitas yang baik, termasuk transportasi umum dan fasilitas parkir yang memadai.

Artikel Terkait