Mentalitas Skuat Garuda Penentu Kemenangan Semifinal

FTNews – Selain kemampuan dan skill permainan, mentalitas Skuat Garuda menjadi salah satu faktor penentu kemenangan. Indonesia harus memiliki keberanian tinggi dalam semifinal menghadapi Uzbekistan pada Piala Asia U-23.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4). Kesiapan dan kematangan serta pemain harus dapat pulih kembali. Karena laga yang akan datang menjadi pertandingan yang lebih menegangkan.

“Namun, karena kami sudah berusaha maksimal dalam pertandingan itu, kami tidak bisa mengatakan tambahan satu hari akan membuat perbedaan besar dan kami juga tidak bisa mengabaikan tingkat kebugaran Uzbekistan. Namun pada tahap kompetisi ini, sisi mental juga berperan besar,” ujar Shin Tae-Yong dalam AFC.

Pelatih Tim U-23 Shin Tae-Yong bersama pemain tim U-23 Indonesia, Witan Sulaeman. (Foto: PSSI)

Pelatih asal Korea Selatan itu menekankan para pemain untuk tetap fokus terhadap permaianan. Walaupun dalam catatan, tim lawan lebih unggul tetapi hal tersebut tidak dapat menjadi acuan pemain.

Segala sesuatu yang terjadi pada lapangan akan dapat berubah sewaktu-waktu dan terkadang tim tidak dapat memprediksinya. Dalam hal ini STY selalu mengantisipasi hal yang dapat menjadi celah seluruh tim.

“Tidak akan mudah di semifinal tapi kami dalam kondisi bagus, jadi mudah-mudahan kami bisa mendapatkan hasil bagus,” jelasnya.

Berkaca Pertandingan Melawan korea Selatan

Pertandingan Indonesia vs Korea Selatan di AFC U-23. Foto: PSSI

Indonesia sendiri sudah melewati berbagai pertandingan yang cukup keras. Terlebih saat babak 8 besar sebelumnya saat bertemu Korea Selatan. Pertandingan tersebut menjadikan laga yang cukup sengit.

Kedua tim saling ingin merebut kemenangan mereka, bahkan hingga laga babak ini berakhir dengan adu penalti. Indonesia Vs Korea Selatan menjadi tim yang pertama kali pada ajang kali ini mengakhiri pertandingan hingga penalti.

Bahkan penalti kedua tim tersebut sangat panjang hingga membuat 11-10 gol dalam penalti itu. Sebagai tim dari grup pertama, Indonesia selalu memulai babak sebagai laga pembuka.

BACA JUGA:   Hobi Unik Para Pesepak Bola: Koleksi Mobil Mewah hingga Bikin Usaha

“Sebelum kami memulai melawan Korea, saya pikir jika kami berhasil mencapai tahap berikutnya, kami akan mendapat keuntungan karena kami memiliki satu hari istirahat tambahan,” ujar STY.

Jaga Mentalitas

Timnas U-23 Indonesia. Foto: PSSI

Keinginan besar Skuat Garuda tidak hanya merebut tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Melainkan tatapan mereka hingga sabet gelar juala Piala Asia U-23 2024 ini.

Kegigihan para pemain akan menjadi ujian pada diri mereka masing-masing. Pemain yang memiliki kekuatan dan mental besar akan dapat bermain dengan baik. Sedangkan jika mereka akan kurang fokus karena merasa takut, dapat menyebabkan ancaman kepada jantung pertahanan Indonesia.

Artikel Terkait